Breaking News:

Aksi Bela Lukas Enembe

Ini Kata Ketua DPP KNPI untuk Kasus Gubernur Lukas Enembe

Kasus gratifikasi senilai Rp 1 Miliar yang menyeret Gubernur Papua Lukas Enembe mendapat perhatian dari berbagai pihak.

Haris Pertama for Tribun-Papua.com
Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haris Pertama. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Kasus gratifikasi senilai Rp 1 Miliar yang menyeret Gubernur Papua Lukas Enembe mendapat perhatian dari berbagai pihak.

Satu di antaranya adalah Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haris Pertama.

"Mereka, (KPK) jangan menjadi alat untuk mendeligitimasi kepala daerah dengan kewenaanganya. Lakukan, asas praduga tidak bersalah agar jangan rugikan rakyat Papua," kata Haris Pertama kepada Tribun-Papua.com, Senin (26/9/2022) di Jakarta.

Baca juga: Pengacara Klaim Lukas Enembe Tak Penuhi Panggilan KPK: Bakal Dijemput Paksa?

Haris mengatakan, pihaknya merasa aneh ketika seorang kepala daerah yang mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI ditersangkakan.

"Kami sangat menyesalkan kenapa bisa Kepala Daerah yang mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI bisa diperlakukan seperti apa yang terjadi oleh Gubernur Papua," katanya.

 

 

Haris mengatakan, Pemerintah Provinsi Papua baru saja menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk kelima kalinya pada tahun 2022 ini.

"Pemerintah Provinsi Papua kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pengelolaan laporan keuangan untuk kedelapan kali berturut-turut. Kenapa bisa kepala daerahnya dijadikan tersangka oleh KPK?,” tanya Haris.

Disinggung soal vokalnya Ketua DPD KNPI Papua membela Gubernur Lukas Enembe.

Kata Haris Pertama, ia mendukung langkah Ketua DPD KNPI Provinsi Papua Benyamin Gurik dalam sikapnya mendukung Gubernur Lukas Enembe.

Baca juga: Tito Karnavian dan Budi Gunawan Terserat Kasus Penetapan Tersangka Lukas Enembe: Ini Kata Pengacara

"Tentunya DPP KNPI dukung sikap Ketua KNPI Papua Bung Beny Gurik ini ya, kita harus solid atas sikap DPD KNPI daerah atas isu-isu yang berkembang di daerah tersebut, terlebih kita lihat prestasi Pemprov Papua atas raihan WTPnya," ujarnya.

Namun, kata Haris, DPD KNPI Papua harus memegang teguh prinsip sebagai warga negara yang taat hukum dengan menghormati hukum tersebut dengan tidak terjerumus pada tindakan anarkis.

Sementara Itu Ketua DPD KNPI Papua Benyami Gurik mengatakan KNPI Papua akan kawal proses hukum tahapan Lukas dengab segalah tidakan kriminalisasi Gubernur Papua.

"Puluhan tahun tidak ada rakyat Papua yang tidak sayang beliau, (LE) semua cinta LE dan kami minta kepada KPK untuk jujur saja dan terbuka cabut saja lah, untuk kasus LE ini, jadi kami minta cabut," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved