Info Jayapura

Jaga Stabilitas Harga dan Stok Sembako, TPID Kota Jayapura Pantau Pasar

Kami terus mengikuti perkembangan harga barang di pasaran apakah naik atau normal. Ketika ada kenaikan komoditi Tidak meresahkan masyarakat

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua.com
HARGA SEMBAKO - Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey saat memberikan keterangan persnya, terkait sidak kestabilan harga dan ketersediaan stok kebutuhan pokok pada sejumlah pasar di Kota Jayapura, Provinsi Papua, Kamis (29/9/2022).  

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Upaya menjaga kestabilan harga dan stok barang kebutuhan pokok tercukupi, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Jayapura terus memantau perkembangan harga komoditi khususnya sembako di pasar yang ada di Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Hal itu dikatakan Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey kepada awak media termasuk Tribun-Papua.com di Jayapura, Kamis (29/9/2022).

Baca juga: TPID Provinsi Papua Gelar Pangan Murah, Berbagai Sembako Dijajakan

"Kami terus mengikuti perkembangan harga barang di pasaran apakah naik atau normal. Ketika ada kenaikan komoditi yang meresahkan masyarakat, maka di situ intervensi Pemda akan turun," tegas Frans.

Terkait hal itu, Frans mengatakan pihaknya beberapa waktu lalu telah melakukan sidak harga bapok dan stoknya di pasaran.

"hasil dari sidak itu, akan kita evaluasi dan melihat kestabilan harga barang sejauh mana, ada pada level mana, apakah level tinggi atau level rendah," terangnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, dari hasil evaluasi tersebut menjadi salah satu acuan kebijakan.

"Misalnya kalau stok terbatas kita akan lakukan kerjasama bersama daerah pemasok, seperti Surabaya dan Makassar untuk kita datangkan komoditi sesuai kebutuhan," terangnya.

Dalam menjamin kebutuhan warga, pihaknya juga berencana akan menggelar pasar murah, yang rencana digelar dan dilakukan pada 5 distrik.

Baca juga: Pemerintah Pusat Nilai Pemprov Papua Terbaik Dalam TPID

"Lalu juga ada bantuan sosial bagi sopir angkot, nelayan, ojek, dan kelompok kerja yang terdampak langsung kenaikan harga BBM," ujar Frans.

Skema pemberian bantuan itu akan diberikan secara tunai, tetapi masih perlu diatur dan dikoordinasikan lebih lanjut apakah melalui kupon atau lainnya.

Sebelumnya diketahui, TPID Kota Jayapura telah melakukan sidak stabilitas harga pangan pada sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Jayapura, Papua.

Baca juga: TPID Kota Jayapura Gelar Sidak Harga dan Ketersediaan Pangan di Tiga Lokasi

Pantauan Tribun-Papua.com pada Senin (26/9/2022), Tim TPID Kota Jayapura yang dipimpin Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey memimpin apel dimulainya sidak di Mainhall Kantor Wali Kota Jayapura, Entrop, Distrik Jayapura Selatan.

Setelah diberikan arahan, Tim TPID Kota Jayapura menuju pusat perbelanjaan Saga Mall Abepura, Pasar Sentral Hamadi, Gudang Bulog, dan Hypermart Mall Jayapura untuk meninjau harga bahan pokok ataupun sembako dan ketersediannya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved