Liga 1

Tragedi Kanjuruhan Ratusan Suporter Tewas, [FLASHBACK] Wasit Oki Dwi Putra: Derby Papua Lebih Seram!

Deby Jatim antara Arema FC versus Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) menjadi catatan kelam sepak bola Indonesia.

Editor: Roy Ratumakin
Kolase Tribun-Papua.com
Satu di antara wasit profesional Indonesia, Oki Dwi Putra berujar, derby paling panas adalah derby Papua yang mempertemukan Persipura Jayapura versus Persiwa Wamena. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Deby Jawa Timur (Jatim) antara Arema FC versus Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) menjadi catatan kelam sepak bola Indonesia.

Bagaimana tidak, usai laga derby tersebut kerusuhan pun pecah dan ratusan suporter meregang nyawa akibat berdesakan keluar pintu stadion.

Desakan penonton di pintu stadion itu berawal ketika gas air mata yang ditembakkan aparat keamanan ke arah suporter yang ada di lapangan dan juga di tribune.

Baca juga: Kapolri Umumkan 6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan: Ada Dirut PT LIB, Panpel Arema hingga 3 Polisi

Kerusahan pecah tak lama setelah wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan, yang mana Persebaya Surabaya menang 3-2 atas Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Kepanjeng, Malang.

Para penonton turun ke tengah lapangan, dan berusaha mencari para pemain untuk menanyakan kenapa sampai kalah, atau melampiaskan. Karena itu, pengamanan melakukan upaya-upaya pencegahan, dan melakukan pengalihan supaya mereka tidak masuk ke dalam lapangan.

 

 

Hal ini dikatakan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta saat berada di Mapolres Malang, pada Minggu dini hari (2/10/2022).

Dari sanalah akhirnya ribuan Aremania yang masih berada di tribun panik dan mencari pintu keluar.

Puncaknya ketika mereka berebut menuju pintu 10 dan 12 sehingga terjadi penumpukan dan terjadi tragedi ratusan orang meninggal dunia.

Dari derby Jatim tersebut, sebelumnya satu di antara wasit profesional Oki Dwi Putra berujar, derby paling panas adalah derby Papua.

Baca juga: MENGERIKAN! Begini Temuan Komnas HAM Atas Tragedi Kanjuruhan Malang

"Laga paling panas yang pernah saya pimpin sepanjang karir saya yaitu Derby Papua antara Persipura Jayapura melawan Persiwa Wamena," ujar Oki dikutip dari laman bola.net yang tayang pada 3 Desember 2015 silam.

Bagi Oki, derby yang paling seram, seru, kritis, dan paling segala-galanya adalah Derby Papua.

"Dibandingkan Derby Jatim, seperti Arema vs Persebaya tidak ada apa-apanya, tidak segenting Derby Papua," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved