5 Fakta Prada Indra Tewas di Papua, Ada Luka Lebam hingga Keluarga Diminta Langsung Kuburkan Jenazah

Berikut 5 fakta terkait kematian Prada Indra Wijaya di Biak, Papua, yang diduga mendapatkan kekerasan dari prajurit lainnya.

Kompas.com/Ellyvon Pranita
Karangan bunga masih menghiasi sekitar rumah duka almarhum Prajurit Dua (Prada) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) Muhammad Indra Wijaya. Dua karangan bunga itu menjadi penanda bahwa keluarga Prada Indra masih berduka meski korban sudah dimakamkan tiga hari lalu, pada Minggu (20/11/2022) - Berikut 5 fakta terkait kematian Prada Indra Wijaya di Biak, Papua, yang diduga mendapatkan kekerasan dari prajurit lainnya. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Prajurit TNI AU Prada Muhammad Indra Wijaya meninggal setelah sempat dirawat di Rumah Sakit Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Manuhua Biak, pada Sabtu (19/11/2022).

Prada Indra Wijaya merupakan tamtama yang bertugas di Sekretariat Markas Komando Operasi (Makoopsud) III Biak.

Ia diduga tewas setelah mendapatkan kekerasan dari empat prajurit lainnya yang kini telah ditahan.

Dikutip dari Kompas.com, berikut fakta-fakta mengenai kematian Prada Indra Wijaya di Papua:

Karangan bunga masih menghiasi sekitar rumah duka almarhum Prajurit Dua (Prada) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) Muhammad Indra Wijaya. Dua karangan bunga itu menjadi penanda bahwa keluarga Prada Indra masih berduka meski korban sudah dimakamkan tiga hari lalu, pada Minggu (20/11/2022).
Karangan bunga masih menghiasi sekitar rumah duka almarhum Prajurit Dua (Prada) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) Muhammad Indra Wijaya. Dua karangan bunga itu menjadi penanda bahwa keluarga Prada Indra masih berduka meski korban sudah dimakamkan tiga hari lalu, pada Minggu (20/11/2022). (Ellyvon Pranita)

Baca juga: Prada Indra Diduga Tewas Dianiaya di Papua, Keluarga Ungkap Kejanggalan, 4 Prajurit TNI AU Ditahan

1. Disebut Meninggal karena Dehidrasi Berat

Kakak peremuan Prada Indra, Rika Wijaya mengatakan bahwa keluarganya hanya diberitahu bahwa adiknya itu meninggal karena dehidrasi berat setelah berolahraga.

"Awalnya disampaikannya oleh Dokter Nico selaku dokter penyakit dalam bahwa adik saya Prada Indra Wijaya dinyatakan meninggal karena dehidrasi berat selesai olahraga futsal dari jam 20.00 WIT sampai jam 23.00 WIT," ungkap Rika, Rabu (23/11/2022), seperti dikutip dari Kompas.com.

2. Diminta Langsung Kuburkan Jenazah

Rika mengatakan bahwa pihak Makoopsud III Biak meminta keluarganya langsung menguburkan jenazah Prada Indra setelah diantarkan dari Biak menuju rumah duka di Tangerang, Banten.

Permintaan itu disampaikan ke pihak keluarga ketika menerima kedatangan jenazah.

"Salah satu dari keluarga saya pada saat di Soekarno-hatta mendapatkan telepon dari satu anggota Koopsud III di Biak, bahwasanya adik saya ini harus langsung dibawa ke rumah duka, setelah itu langsung dimakamkan," ujar Rika, seperti dikutip dari Kompas.com.

Permintaan tersebut pun menjadi tanda tanya besar bagi pihak keluarga.

Terlebih, jenazah Prada Indra dibawa ke rumah duka menggunakan peti yang digembok tanpa kunci.

Rika juga mengatakan bahwa perwira TNI AU yang hadir ke rumah duka meminta agar jenazah Prada Indra hanya boleh dilihat oleh keluarga inti.

Baca juga: Prajurit TNI asal Solo Tewas di Papua, Diduga Dianiaya Perwira: Begini Reaksi Keras Jenderal Andika

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved