Gempa Bumi Guncang Jayapura

Sikapi Gempa Bumi, Pemkab Jayapura Imbau Warga Lakukan Waspada Dini Berencana

Triwarno mengatakan, untuk masyarakat yang tinggal di daerah-daerah aliran sungai, rawan longsong dan di pesisir pantai.

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Calvin Erari
Penjabat Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Menyikapi guncangan gempa bumi yang tidak henti-hentinya terjadi di laut Kota Jayapura, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura menghimbau agar seluruh masyarakat untuk melakukan waspada dini bencana.

Hal ini dikatakan Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo kepada awak media termasuk Tribun-Papua.com, di Sentani, Rabu (4/1/2023).

Triwarno mengatakan, untuk masyarakat yang tinggal di daerah-daerah aliran sungai, rawan longsong dan di pesisir pantai.

Baca juga: Tidak Semua Gempa Bumi Dapat Memicu Tsunami, Berikut Penjelasan BMKG Jayapura

"Kita tetap waspada, sebab yang namanya bencana itu merupakan sesuatu yang sulit untuk diprediksi, dan tidak diduga kapan terjad," kata Triwarno.

Selain itu, sebagai Pj Bupati, Triwarno juga memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jayapura untuk melakukan rencana kontijensi yang betul-betul matang.

 

 

"Sehingga sesuatu yang tidak kita harapkan tidak terjadi, agar pada saat dibutuhkan, sudah siap untuk diaplikasikan," pungkasnya.

Baca juga: Triwarno Purnomo Didesak Mutasi Pejabat Pemkab Jayapura, Sihar Tobing: Terlalu Tendensius

Sekedar diketahui, hingga saat ini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura masih merilis tentang perkembangan gempa di Kota Jayapura.

Berdasarkan press rilis yang diperoleh Tribun-Papua.com, Kepala BMKG Wilayah V Jayapura, Yustus Rumakiek mengatakan, dari hasil monitoring gempa dari tanggal 2-4 Januari 2023 hingga pukul 16.00 WIT di wilayah Jayapura, teramati memiliki magnitude M 5,2, dan itu tidak berpotensi Tsunami. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved