Kerusuhan di Papua

Dokter Soeko Tewas dalam Kerusuhan Wamena, FKUI Nyatakan Komitmen untuk Dokter di Papua

Tewasnya rekan sejawat dokter, dr Soeko Marsetiyo, dalam kerusuhan di Wamena, Papua, meninggalkan kesedihan mendalam bagi dunia kedokteran Indonesia.

Dokter Soeko Tewas dalam Kerusuhan Wamena, FKUI Nyatakan Komitmen untuk Dokter di Papua
(KOMPAS.com/WIJAYA KUSUMA)
Proses pemakaman dr Soeko, salah satu korban kerusuhan Wamena, di Yogyakarta, Jumat (27/9/2019) 

TRIBUNPAPUA.COM - Tewasnya rekan sejawat dokter, dr Soeko Marsetiyo, dalam kerusuhan di Wamena, Papua, meninggalkan kesedihan yang mendalam bagi dunia kedokteran Indonesia, termasuk Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Situasi yang tidak kondusif menyebabkan sebagian masyarakat dan petugas kesehatan melakukan eksodus atau meninggalkan tanah kelahirannya dari Wamena, bahkan sampai keluar dari tanah Papua.

Hal inilah yang ditanggapi serius oleh FKUI dan Ikatan Alumni UI (ILUNI), seperti yang disampaikan oleh Dekan FKUI, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH MMB, Kamis (3/10/2019).

Kasus Dokter Soeko, IDI Desak Pemda Beri Jaminan Keamanan bagi Tenaga Medis di Daerah Rawan

Kata dia, peristiwa yang menimpa rekan sejawat dokter tersebut telah menjatuhkan mental para dokter untuk bertahan di Wamena.

Hal ini sangat merugikan masyarakat, ditambah lagi jumlah dokter dan tenaga kesehatan lainnya di kabupaten Jayawijaya yang masih sangat sedikit.

"Kita hadir untuk memberikan komitmen serta dukungan kepada para dokter, terutama alumni FKUI, untuk dapat bertahan di tanah Papua dan melakukan pelayanan kesehatan untuk masyarakat setempat. Meski saya sangat menyesalkan dan mengutuk peristiwa pembunuh terhadap dokter yang telah lama mengabdi di Papua," ujarnya.

Menkes Minta Tenaga Medis di Wamena Kenakan Seragam Penanda dan Tinggal di RS bila Perlu

Ari berharap, agar kekerasan yang terjadi pada dr Soeko tidak melemahkan semangat para dokter teman sejawat untuk mau memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Wamena dan sekitarnya.

Selain itu, Ari juga mengatakan akan terus meminta pemerintah meningkatkan keamanan bagi petugas kesehatan yang ada di Papua agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

"Masyarakat di sana (Papua) itu pada dasarnya baik. Saya sering ke sana dan disambut hangat kita semua."

Keluarga Ungkap Isi SMS Terakhir Dokter Soeko Marsetiyo sebelum Meninggal dalam Kerusuhan Wamena

"Tetapi tragedi kemarin perlu diantisipasi ke depannya (agar) jangan sampai terjadi kembali pada tenaga medis lain ke depannya, terutama dokter yang telah berjasa dan mengabdikan diri di tanah Papua, meski tidak sedikit itu (Papua) bukanlah asal kelahiran mereka (dokter)," katanya.

ILUNI Peduli Center juga telah menyiapkan penggalangan dukungan logistik bagi para pengungsi dan juga dukungan psikososial untuk masyarakat Papua dan pendatang yang berada di tanah Cenderawasih tersebut.

(Kompas.com/Ellyvon Pranita)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul FKUI Nyatakan Komitmen untuk Dokter di Papua Pasca-Tewasnya dr Soeko

Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved