Breaking News:

4 Fakta Pasangan di Sumbar Batal Nikah karena Tak Dapat Izin dari Ninik Mamak, KUA Tolak Menikahkan

Kecewa, sedih, mungkin itu yang dirasakan pasangan sejoli YA (31) dan F (30) warga Sumbar yang batal nikah karena tak dapat izin dari Ninik Mamak.

Kompas.com/istimewa
Ilustrasi Pernikahan 

TRIBUNPAPUA.COM - Kecewa, sedih, mungkin itulah yang saat ini dirasakan pasangan sejoli YA (31) dan F (30) warga Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, yang batal menikah karena tak dapat izin dari Ninik Mamak (Penghulu Adat).

Karena tak mendapat rekomendasi dari wali nagari atau kepala desa setempat, Kantor Urusan Agama (KUA) Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan menolak menikahkan pasangan itu.

Rencananya, kedua pasangan sejoli ini akan melancarkan pernikahan pada 25 Desember 2019 lalu.

Namun, karena KUA menolak, sampai sekarang keduanya belum juga melangsungkan pernikahan.

Pejabat Kepala Desa Pancung Soal, Syafril mengatakan, di wilayahnya ada aturan bahwa pasangan yang mau menikah harus mendapatkan izin dari Ninik Mamak terlebih dahulu.

Jika sudah ada, surat izin tersebutlah yang menjadikan dasar bagi wali nagari atau kepala desa setempat untuk memberikan rekomendasi ke KUA untuk menjalani pernikahan.

Keluarga Sudah Merestui, namun Pasangan Ini Gagal Menikah karena Ninik Mamak Merasa Dilangkahi

Berikut ini fakta selengkapnya:

1. Ditolak KUA Pancung Soal

Pasangan sejoli YA dan F berencana menikah pada 25 Desember. Namun, karena ditolak KUA sampai sekarang keduanya pun belum juga melangsungkan pernikahan.

Alasan KUA menolak untuk menikahkan mereka karena belum mendapat surat rekomendasi dari wali nagari atau kepala desa setempat.

Halaman
123
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved