Kenali Gejala Virus Corona hingga Tips untuk Mencegahnya

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS merilis panduan untuk tenaga medis profesional terkait gejala yang muncul akibat virus corona.

Kenali Gejala Virus Corona hingga Tips untuk Mencegahnya
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Sejumlah petugas berada di ruang isolasi di terminal 2 Bandara Juanda Surabaya, Rabu (22/1/2020). Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Surabaya wilayah kerja bandara Juanda meningkatkan kewaspadaan dengan memasang alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) untuk mengantisipasi masuknya virus corona yang berasal dari negara China ke wilayah Indonesia. 

TRIBUNPAPUA.COM - Virus corona atau pneumonia Wuhan, yang secara resmi disebut 2019-nCoV, telah menewaskan sedikitnya 17 orang dan menginfeksi sekitar 554 orang di China hingga Rabu (22/1/2020).

Selain China, virus ini pun telah menyebar ke negara lain termasuk Makau, Jepang, Korea Selatan, Thailand, Singapura, Filipina, Australia, hingga Amerika Serikat.

Hingga saat ini para ilmuwan masih berjuang memahami virus corona Wuhan yang dikonfirmasi dapat ditularkan antar-manusia tersebut.

Kini, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS telah merilis panduan untuk tenaga medis profesional terkait gejala yang muncul akibat virus 2019-nCoV.

Demam Wajar, Wanita Ini Hebohkan Keramaian Kota Hong Kong karena Diduga Terinfeksi Virus Corona

Gejala yang harus diwaspadai

Dilansir Science Alert, Rabu (22/1/2020), ada beberapa gejala yang menunjukkan seseorang berisiko tertular virus corona Wuhan, di antaranya:

1. Demam dan muncul gejala penyakit pernapasan seperti batuk atau sesak setelah perjalanan dari Wuhan.

2. Demam atau muncul gejala penyakit pernapasan seperti batuk atau sesak setelah melakukan "kontak dekat" selama dua minggu terakhir dengan seseorang yang positif tertular virus corona Wuhan.

"Kontak dekat" yang dimaksud CDC adalah berada di jarak sekitar 1,8 meter, berada di dalam ruangan atau area perawatan yang sama dengan orang dengan virus corona dalam jangka waktu lama dan tidak menggunakan pakaian pelindung yang sesuai.

"Kontak dekat" juga dapat didefinisikan memiliki kontak langsung dengan sekresi infeksius dari seseorang dengan virus tanpa pakaian pelindung.

Dirawat di Rumah Sakit Bareng ke-4 Anaknya, Zaskia Adya Mecca Beberkan Biaya yang Dikeluarkan

Halaman
123
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved