Virus Corona

Trump Meradang Sebut WHO Terlalu Prioritaskan China soal Wabah Virus Corona: Kami Masih Menahan Diri

Presiden AS mengeluhkan Badan Kesehatan Dunia ( WHO) yang terlalu condong ke China di tengah Virus Corona.

instagram/realdonaldtrump
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump 

TRIBUNPAPUA.COM - Presiden AS mengeluhkan Badan Kesehatan Dunia ( WHO) yang terlalu condong ke China di tengah Virus Corona.

Dalam konferensi pers di Gedung Putih, presiden dari Partai Republik itu menegaskan bahwa organisasi di bawah PBB itu "salah" dalam menangani wabah.

Dia mengeluh, China hanya menyumbangkan sedikit kepada WHO jika dibandingkan dana yang dikirimkan oleh AS setiap tahunnya.

Dikutip CNBC Rabu (8/4/2020), Trump mengklaim Washington mengirim anggaran 450 juta dollar AS, sekitar Rp 7,2 triliun. Sementara Beijing 42 juta dollar AS (Rp 675,1 miliar).

Ancam Potong Anggaran, Trump Sebut WHO Bersikap Bias terhadap China Selama Wabah Corona

"Saya kira mereka harus memberikan prioritas yang benar. Prioritas mereka adalah setiap negara harus diperlakukan layak. Setiap negara, dan sepertinya ini tak berjalan," keluhnya.

Presiden 73 tahun itu melanjutkan dengan kembali melontarkan ancaman bakal memotong anggaran bagi induk kesehatan di muka Bumi ini.

"Jadi kami akan menyelidiki, mempelajari, dan bersikap (apakah melanjutkan pendanaan). Saat ini, kami masih menahan diri," kata dia.

Pernyataannya diperkuat oleh Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, yang menuturkan bahwa setiap organisasi internasional harus bertindak dengan benar.

"Tak hanya WHO. Tapi juga organisasi internasional lain yang kami berikan uang hasil pajak, memberikan kebijakan kepada rakyat," tegas dia.

Tidak jelas apakah yang dimaksud Trump mengenai kalimat "menahan diri" terkait pendanaan bagi organisasi pimpin Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus tersebut.

Halaman
12
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved