Breaking News:

Seusai TNI Tembak Mati Pimpinan KKB Kali Kopi, Bendera Merah Putih Berkibar di Markas KKB Nduga

Bendera Merah Putih akhirnya berkibar di Distrik Mugi, Nduga, Papua, pada 17 Agustus 2020.

Pusat Penerangan TNI
AKHIRNYA Merah Putih Berkibar di Markas KKB Egianus Kogoya, TNI Tembak Mati Panglima KKB Kali Kopi. Bendera Merah Putih berkibar di Markas KKB Egianus Kogoya 

TRIBUNPAPUA.COM - Bendera Merah Putih akhirnya berkibar di Distrik Mugi, Nduga, Papua, pada 17 Agustus 2020.

Nduga sendiri dianggap sebagai markas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), pimpinan Egianus Kogoya.

Satgas Yonif Raider 323/Buaya Putih Kostrad berhasil mengibarkan Bendera Merah Putih di lokasi yang juga makam orang tua dari Egianus Kogoya (Panglima Kodap III Ndugama), Silas Kogoya.

Di tempat yang sama, Bendera Bintang Kejora pernah dikibarkan oleh Kelompok KKSB pada tahun 2017 silam.

Melansir pusat penerangan TNI, Kabupaten Nduga sejak tahun 2017 lalu diklaim menjadi daerah kekuasaan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau Kelompok Separatis Bersenjata (KKSB) OPM pimpinan Pangkodap III Ndugama, Egianus Kogoya.

Dalam usaha memerangi pemerintahan yang sah, KKSB melakukan banyak aksi brutal yang melanggar HAM dan hukum Humaniter.

Di antaranya melaksanakan penyerangan dan pembunuhan terhadap warga sipil pendatang dan WNA, pelecehan seksual dan pembunuhan tenaga kesehatan, penyanderaan dan pembunuhan pekerja PT Istaka Karya dalam pembangunan Jalan Trans Papua serta melibatkan anak kecil dan perempuan dalam kebencian dan peperangan.

Terungkapnya 3 Markas KKB di Timika dari Warga yang Terciduk Aparat, TNI-Polri Endus Keberadaan HW

Satgas Yonif Raider 323/Buaya Putih Kostrad merupakan salah satu satuan penugasan di bawah Komando Operasi Pinang Sirih yang bertugas untuk mengembalikan kedaulatan NKRI di wilayah Sektor Baliem, terdiri dari beberapa titik kuat yang tersebar di beberapa distrik Kabupaten Nduga.

Sejak kedatangannya pada Desember tahun lalu, operasi yang dilakukan sebanyak 323 kali mencatatkan pencapaian dalam usaha memberi deterrent effect bagi Kelompok KKSB.

Beberapa diantaranya adalah melaksanakan penyerangan ke Markas Darakma (salah satu markas KKSB) dan berhasil merebut dokumen, senjata api serta alat komunikasi pada operasi-operasi lainnya.

Halaman
1234
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved