Breaking News:

Tips Olahraga untuk Diet, Ternyata Tolak Ukur Bukan dari Keringat tapi dari Denyut Jantung

Pernyataan tanda-tanda olahraga yang dilakukan seseorang itu dinyatakan berhasil jika sudah berkeringat itu salah.

beaumont.org via TribunWow.com
Ilustrasi olahraga 

TRIBUNPAPUA.COM - Mungkin Anda pernah mendengar pernyataan bahwa kalau tidak berkeringat artinya olahraga yang dilakukan tidak benar atau belum betul-betul berolahraga.

Ternyata pernyataan ini dianggap keliru oleh Dokter Spesialis Olahraga dr Michael Triangto SpKO, Sports Medicine Spesialist dari Slim + Health Sports Therapy.

Menurut Michael, pernyataan tanda-tanda olahraga yang dilakukan seseorang itu dinyatakan berhasil jika sudah berkeringat itu salah.

Baca juga: Lakukan 10 Kebiasaan Ini saat Diet, Bernapas Lebih dalam hingga Makan secara Perlahan

"Ini (pemahaman) yang selama keliru, dibilang kalau nggak berkeringat berarti belum olahraga namanya, itu belum tentu," kata Michael kepada Kompas.com, Selasa (5/1/2021).

Michael memberikan analogi bahwa banyak aktivitas-aktivitas sehari-hari lainnya yang juga bisa menghasilkan keringat, tetapi tidak termasuk olahraga, seperti menyapu, mengepel, memasak, berkebun dan lain sebagainya.

Sehingga, jika kegiatan yang menghasilkan keringat dianggap bentuk olahraga yang baik dan berhasil, maka dengan melakukan kegiatan-kegiatan tersebut seseorang tidak membutuhkan lagi olahraga, tetapi pada mekanisme tidak begitu.

"Keringat itu bukan menjadi patokan (olahraga berhasil)," ujarnya.

Sebab, pada orang yang sedang mengalami dehidrasi atau kondisi suatu penyakit yang menyebabkan dehidrasi tersebut, maka keringat akan susah untuk keluar meskipun sudah sekeras apa pun olahraga yang dilakukan.

Justru, jika olahraga dengan target mengeluarkan keringat yang diharapkan pada orang dengan dehidrasi, maka sangat mungkin orang tersebut bisa jatuh pingsan atau tidak sadarkan diri karena kelelahan.

Baca juga: Ini Kebiasaan untuk Diet Sehat Ratakan Perut Buncit, Minum Segelas Air sebelum Mulai Makan

Jadi, apa batasan atau tolok ukur keberhasilan olahraga itu?

Halaman
123
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved