Breaking News:

Kenali Pola Diet DEBM, Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Menyiksa Tubuh

Diet DEBM tengah dibahas karena disebut memiliki pola diet efektif yang dianggap tidak menyiksa tubuh.

newspropro.com
ilustrasi Diet - Diet DEBM tengah dibahas karena disebut memiliki pola diet efektif yang dianggap tidak menyiksa tubuh. 

TRIBUNPAPUA.COM - Diet DEBM tengah dibahas karena disebut memiliki pola diet efektif yang dianggap tidak menyiksa tubuh.

Diet ini ditulis oleh Robert Hendrik Liembono yang kemudian ada dalam sebuah buku bertajuk "DEBM: Diet Enak, Bahagia & Menyenangkan" (2018).

Mengutip bukunya, diet DEBM adalah singkatan dari Diet Enak Bahagia dan Menyenangkan. Pada dasarnya ini merupakan diet rendah karbohidrat, tinggi lemak dan protein.

Konsepnya, ketika dalam keadaan rendah karbohidrat, tubuh akan mulai menggunakan lemak sebagai bahan bakar.

Jenis karbohidrat yang dinilai perlu dihilangkan dalam diet ini adalah nasi, mi, gula, kentang, ubi, hingga buah-buahan.

Namun, tak semua buah perlu dihilangkan. Buah-buahan seperti alpukat masih boleh dikonsumsi, dan beberapa buah lainnya masih dapat dikonsumsi dalam porsi wajar, di antaranya pir, apel, stroberi, hingga jambu air.

Sementara beberapa jenis karbohidrat yang diperbolehkan dikonsumsi dalam jumlah banyak seperti buncis, wortel, rebung, sayuran daun, hingga lobak.

Robert menjelaskan, sumber karbohidrat dan makanan dengan Indeks Glikemik (GI) tinggi harus dihindari karena lambat dicerna dan diserap tubuh sehingga lambat meningkatkan gula darah dan kadar insulin.

Adapun makanan dengan GI rendah, yakni di bawah angka 55.

"Bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan, terutama lemak, GI sangat penting karena tidak semua karbo diciptakan sama."

Baca juga: Diet Air Putih Ternyata Punya Banyak Manfaat, hingga Bisa Menurunkan Tekanan Darah Lho

Halaman
1234
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved