Breaking News:

KKB Papua

Gelar Aksi Demo, Mahasiswa UNIPA Kritik Label Teroris KKB: Rakyat yang akan Menjadi Korban

Sejumlah pemuda yang mengatasnamakan diri dari Forum UNIPA dan Parlemen Jalanan mengkritik label teroris yang disematkan pemerintah kepada KKB.

Penulis: Safwan Ashari Raharu
Editor: Roifah Dzatu Azmah
(Tribun-Papua.com/Safwan Ashari Raharusun)
Pasca Pemerintah berikan lebel teroris kepada KKB, ratusan mahasiswa UNIPA dan Parlemen Jalanan gelar aksi Senin (10/5/2021) pukul 10.00 WIT. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua, Safwan Ashari Raharusun

TRIBUN-PAPUA.COM - Sejumlah pemuda yang mengatasnamakan diri dari Forum Mahasiswa Universitas Papua (UNIPA) dan Parlemen Jalanan (Parjal) mengkritik label teroris yang disematkan pemerintah Indonesia kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Aksi yang dinamakan solidaritas peduli rakyat Papua tersebut digelar di halaman Universitas Papua, Kabupaten Manokwari, Papua Barat pada Senin (10/5/2021) pukul 10.00 WIT.

"Sesuai dengan kacamata mahasiswa, kami melihat pada puncaknya yakni pelabelan terorisme adalah bagian dari sebuah proses yang panjang," ujar mahasiswa UNIPA, Marselino Pigai saat menyampaikan orasi.

Ia menilai label teroris kepada KKB merupakan pengaruh dari konspirasi ekonomi politik yang sedang terjadi.

"Semenjak zaman ke zaman itu adalah bicara tentang kepentingan ekonomi politik di Papua yang di mana rakyatnya harus ditindas dan dibasmi," ungkap Pigai.

"Saat ini rakyat sipil yang sudah terdata sebanyak 40 ribu telah mengungsi, semuanya bermula dari lebel KKB," ucapnya.

Baca juga: Teror KKB Reda, Warga Ilaga Puncak Bisa Beribadah di Gereja dengan Tenang

"Ketika TNI-Polri dan KKB dihadapkan maka rakyat akan menjadi korban, kami tidak mau, sebab pendekatan militerisme justru membasmi bangsa (orang Papua)."

Sebab, tidak ada lagi yang membedakan antara rakyat dan lainnya.

Selain itu, Koordinator Aksi, Frits Alom menambahkan saat menyampaikan pernyataan sikap, pihaknya menolak pemberian lebel terorisme kepada KKB.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved