Breaking News:

KKB Papua

Satgas Nemangkawi: Posisi Victor Yeimo di KKB Ada Hubungan dengan Kelompok Lekagak Telenggen

Kasatgas Humas Nemangkawi mengungkapkan aktor kasus kerusuhan di Papua pada 2019, Victor Yeimo memiliki hubungan dengan KKB.

Penulis: Roifah Dzatu Azmah | Editor: Roifah Dzatu Azmah
(Humas Polda Papua)
Victor Yeimo saat diperiksa di Polda Papua 

TRIBUN-PAPUA.COM - Kasatgas Humas Nemangkawi, Kombes Pol M Iqbal mengungkapkan aktor kasus kerusuhan di Papua pada 2019, Victor Yeimo memiliki hubungan dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Dikutip Tribun-Papua.com dari akun resmi Satgas Humas Ops Nemangkawi 2021, Victor disebut menjalin komunikasi dengan KKB Lekagak Telenggen yang bermarkas di Yambi, Kabupaten Puncak, Papua.

“Posisi Victor di KKB ada hubungan dengan kelompok Lekagak Telenggen bermarkas di Yambi, Kabupateb Puncak," ujar Kompol M Iqbal.

Baca juga: Jejak Victor Yeimo yang Jadi Dalang Kerusuhan di Papua, Ikut Sidang HAM PBB di Swiss hingga ke PNG

Selain itu Victor ternyata juga menjadi juru bicara TPNB.

"Victor juga menjadi juru bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNB)."

Dikutip dari Antaranews.com, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri menuturkan Victor Yeimo terungkap pada Maret 2019 bersama Veronica Koman hadir dalam sidang HAM PBB di Swiss.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya berbicara tentang hak berpendapat masyarakat Papua dan menentukan nasib sendiri atau merdeka.

Tanggal 19 Agustus 2019, Victor Yeimo melakukan orasi di halaman kantor gubernuran Dok II dengan meneriakkan "Papua Merdeka", ujar Fakhiri seraya menambahkan tanggal 29 Agustus 2019.

Baca juga: Polisi Dalami Hubungan Victor Yeimo dengan KKB, Ini Penjelasan Kapolda Papua

Diketahui, Victor Yeimo menjadi aktor di belakang layar untuk pergerakan massa pada demo rasisme di Jayapura yang berujung anarkis dengan melakukan perusakan fasilitas umum.

Ia ditangkap Minggu (9/5/2021) malam, di kawasan Tanah Hitam, Distrik Abepura, dan dari tangannya diamankan tiga unit handphone berbagai merek dan flash disc.

Saat ini Victor Yeimo ditahan di Tahanan Mako Brimob Kotaraja, Jayapura.

"Banyak laporan polisi terhadap Victor Yeimo yakni melanggar Pasal 106 jo Pasal 87 KUHP dan atau Pasal 110 KUHP dan atau Pasal 14 ayat (1), (2) dan Pasal 15 UU No  1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan atau Pasal 66 UU No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan dan atau Pasal 160 KUHP dan atau 187 KUHP dan atau 365 KUHP dan atau 170 KUHP ayat (1) KUHP dan atau Pasal 2 UU Darurat No, 12 Tahun 1951 jo Pasal 64 KUHP," kata Irjen Pol Fakhiri.

Berita lain KKB Papua

(Tribun-Papua.com)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved