Breaking News:

KESEHATAN

Khasiat dan Manfaat Buah Merah dari Papua

khasiat Buah merah memiliki efek antikanker, sifat antiperadangan, Menurunkan kolestrol jahat, memiliki sifat anti dan antimikroba.

Penulis: Patricia Laura Bonyadone | Editor: Ridwan Abubakar Sangaji
kompasiana.com
Petani buah merah 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Tirza Bonyadone

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Buah merah (kuansu) yang bernama latin Pandanus conoideus adalah buah yang banyak tumbuh di wilayah Papua khususnya Jayawijaya, Ayamaru Sorong, Timika, Nabire, Manokwari, dan Jayapura.

Manfaat buah merah ini dipercaya oleh masyarakat Papua dapat mengobati berbagai penyakit dan baik bagi kesehatan.

Baca juga: Bijak Mengkonsumsi Bayam dan Temukan Manfaat Bagi Kesehatan

Dalam buah merah banyak terkandung berbagai nutrisi seperti protein, kalori, karbohidrat, lemak sehat, dan antioksidan seperti vitamin E, vitamin C, alfa-karoten, beta-karoten, dan zat warna antosianin.

Buah berwarna merah dengan panjang sekitar 86-110 sentimeter ini,  memiliki beragam manfaat bagi kesehatan yakni memiliki efek antikanker, memiliki sifat antiperadangan, menurunkan kolestrol jahat, memiliki sifat antivirus dan antimikroba.

Buah merah biasanya dikonsumsi dengan cara dimakan langsung, bakan dimasak melalui metode direbus, dipanggang, atau dimasak dalam oven batu.

Baca juga: Ini Sejumlah Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Biji dan daging buah merah pun bisa ditumbuk, dicampur dengan air, dan disaring untuk menghasilkan saus merah kental sebagai bumbu masakan.

Selain itu, minyak ekstrak buah merah juga digunakan sebagai penyedap makanan dan pewarna alami yang tidak mengandung mikroorganisme patogen dan logam berat.

Bahkan nama latin pandanus conoideus ini digunakan untuk mengobati cacingan, serta dijadikan suplemen untuk kesehatan kulit dan mata.  (Sumber Kompas.com/ Kompas.id) (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved