Breaking News:

PENDIDIKAN

10 Mahasiswa Papua Dapat Beasiswa Kuliah ke Amerika Serikat

Sebanyak 10 mahasiswa/i asli Papua mendapat beasiswa yang bersumber dari dana otonomi khusus (otsus) untuk kuliah ke Amerika Serikat

Penulis: Patricia Laura Bonyadone | Editor: Musa Abubar
Tribun-Papua.com/Patricia Laura Bonyadone
Sekertaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Republik Indonesia (BPSDM) Papua, Anthony Mirin 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Tirza Bonyadone

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Sebanyak 10 mahasiswa/i asli Papua mendapat beasiswa yang bersumber dari dana otonomi khusus (otsus) untuk kuliah ke Corban University, Amerika Serikat

Sekertaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Republik Indonesia (BPSDM) Papua, Anthony Mirin mengatakan beasiswa otonomi khusus (Otsus) bagi anak Papua diberikan bagi mereka yang siap bersaing.

Anthony menyampaikan hal itu disela-sela Peresmian Asrama Papua Hope Language Institut sekaligus pelepasan 10 mahasiswa ke Corban University, Senin (12/7/2021).

Baca juga: Mahasiswa dan Masyarakat Papua Barat Nilai Otsus Telah Gagal

Anthony mengatakan, anak muda Papua harus siap bersaing dengan negara lain, mengingat banyak kasus putra/putri yang harus pulang karena tak mampu menyelesaikan pendidikan diluar negeri.

Dia berharap anak-anak yang berangkat jangan hanya sekedar untuk bergaya tetapi membawa hasil.

Baca juga: 5 Berita Populer: Uncen Hanya Terima 1.500 Mahasiswa, Situasi Yalimo hingga Jadwal KM Dobonsolo

"Ini merupakan program yang telah pemerintah lakukan sejak 2009 dan sudah banyak kejadian seperti tiba-tiba mahasiswa pulang dan berhenti kuliah," katanya.

Ia melihat bahwa pada waktu itu belum ada kesiapan dan program untuk seleksi, sehingga banyak dana yang dikeluarkan sia-sia.

Baca juga: Presiden: Kritik Mahasiswa UI Bentuk Ekspresi di Negara Demokrasi

"Kegiatan ini adalah follow up dari seleksi siswa dari yang kami lakukan tahun 2019 yakni program Gubernur dan Wakil Gubernur untuk pemberdayaan pendidikan anak asli Papua yang dibina disini," ujarnya.

"Karena sekarang ini tidak boleh kirim langsung ke luar negeri, tetapi harus ada pembinahan," katanya.

Baca juga: 24 Mahasiswa Papua Dikirim ke Amerika Serikat untuk Kuliah di Universitas Unggulan

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved