Breaking News:

Papua Terkini

Dinas PUPR Alokasikan Rp400 Miliar, Gedung Baru Kantor Gubernur Papua Segera Dibangun

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Papua telah menganggarkan Rp400 miliar untuk pembangunan gedung kantor gubernur Papua

Editor: Musa Abubar
hai.grid.id
Ilustrasi Uang. Berikut syarat penerima dan cara mengajukan Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM Rp 1,2 juta. 

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA- Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Papua telah menganggarkan Rp400 miliar untuk pembangunan gedung kantor gubernur Papua selama kurang lebih dua tahun.

Gedung baru Kantor Gubernur Papua itu segera dibangun tahun. Sementara ini para Pegawai Negeri Sipil (PNS) menyimpan barang serta berkas dari Gedung Sasana Karya ke Gedung Sasana Krida untuk melanjutkan aktivitas sementara di gedung itu.

Setelah pengosongan, pembangunan Gedung Baru Kantor Gubernur Papua dikerjakan. Status pembangunan yakni bangun rancang.

Baca juga: Kisah Penghulu Nikahkan Pengantin Pria yang Positif Covid-19, Duduk di Luar Teras Rumah

Kepala Dinas PUPR Provinsi Papua Girius One Yoman menyebutkan status pembangunan Kantor Gubernur itu rancangan bangunannya dilokasi yang sama, dan bentuk multiyears kurang lebih 15 bulan sudah selesai pembangunan.

"Jadi,kantor gubernur dibangun 9 lantai tambah basemen satu lantai, jadi semua 10 lantai. Pembangunan tetap dilokasi sekarang yakni di Jalan Soa-Siu, Dok II, Kota Jayapura dengan status bangun rancang," kata Yoman awak media di Jayapura, Senin (19/7/2021).

Baca juga: Tak Masalah Bandara dan Pelabuhan Ditutup, Masyarakat Papua: Yang Penting Stok Barang Aman

Yoman menyampaikan hal itu setelah pencanangan pembangunan 5 gedung kantor lainya dan pengosongan kantor Gubernur Papua di Kota Jayapura pada Senin itu.

Suasana persiapan kegiatan pencenangan pembangunan gedung baru Kantor Gubenur Papua, senin (19/7/2021).
Suasana persiapan kegiatan pencenangan pembangunan gedung baru Kantor Gubenur Papua, senin (19/7/2021). (Tribun-Papua.com/Calvin Louis Erari)

Menurut dia, Pembangunan gedung baru ini adalah proyek multi years bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020-2021 kurang lebih Rp400 miliar.

Pencanangan kala itu dilakukan oleh Gubernur Papua Lukas Enembe. Pencanangan ditandai penekanan sirene dan pemasangan pagar untuk pengosongan bangunan Sasana Karya Kantor Gubernur Papua.

Baca juga: Warga Jayapura Padati Balai Pengobatan Amphibi TNI AL untuk Divaksin

Saat itu, Gubernur Lukas menancanangkan 5 bangunan gedung kantor lainnya, masing-masing pembangunan gedung Kantor Majelis Rakyat Papua (MRP).

Selanjutnya, Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) Provinsi Papua, Kantor BPP BJ provinsi Papua, Kantor KPU provinsi Papua dan Kantor KNPI provinsi Papua.

Baca juga: Harga Ikan di Jayapura Rp 35 Ribu Hingga Rp 1,5 Juta

Disela-sela pencanangan, Gubernur Lukas Enembe mengatakan sebenarnya gedung baru Kantor Gubernur Papua sudah dibangun beberapa tahun lalu, tapi rencana itu tertunda, lantaran focus ke persiapan PON XX Papua 2021.

Gubernur Papua Lukas Enembe menghadiri pencanangan pembangunan gedung baru Kantor Gubernur Papua di Kota Jayapura, Senin (19/7/2021).
Gubernur Papua Lukas Enembe menghadiri pencanangan pembangunan gedung baru Kantor Gubernur Papua di Kota Jayapura, Senin (19/7/2021). (Tribun-Papua.com/Calvin Louis Erari)

Meski demikian, perubahan di Papua terus terjadi dari waktu ke waktu, sehingga pembangunan infrastruktur harus dilakukan.

Baca juga: Ramalan Zodiak Besok, Kamis 22 Juli 2021: Taurus Sangat Bahagia, Scorpio Cobalah Sedikit Terbuka

"Sekarang kita ada di abad modern. Kota Jayapura ibukota Provinsi Papua harus berubah ke arah itu. Gedung Kantor Gubernur Papua akan menjadi simbol kebangkitan kemandirian orang Papua," ujar Gubernur Lukas Enembe disela-sela pencanangan.

Baca juga: Akibat Covid-19, Omset Pedagang di Pasar Yotefa Abepura Menurun

Menurut Gubernur Lukas Enembe, pemerintah pusat telah memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Provinsi Papua mengelola anggaran yang cukup besar.

Untuk itu, tambah dia, anggaran yang sudah diberikan oleh pemerintah pusat itu harus dimanfaatkan membangun infrastruktur. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved