Breaking News:

Pendidikan

Siswi SMA Negeri 4 Jayapura Lulus Seleksi Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat

Sekar Seruni Jiwadara Srikandi Papua al-Rasyid, siswi kelas XI IPA SMAN 4 Kota Jayapura, Papua dinyatakan lulus seleksi pertukaran pelajar ke Amerika

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: Musa Abubar
Tribun-Papua.com/Calvin Louis Erari
Sekar Seruni Jiwadara Srikandi Papua al-Rasyid, siswi kelas XI IPA SMAN 4 Kota Jayapura yang berkesempatan bersekolah di Amerika Serikat 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA - Sekar Seruni Jiwadara Srikandi Papua al-Rasyid, siswi kelas XI IPA SMAN 4 Kota Jayapura, Papua dinyatakan lulus seleksi pertukaran pelajar ke Amerika Serikat.

Ia salah satu dari lima siswa/siswi dari Papua dan Papua Barat yang mengikuti tes program belajar selama satu tahun di Amerika Serikat yang diselenggarakan oleh lembaga Bina Antarbudaya.

Baca juga: Pasca Meninggalnya Nicodemus Wenda, Kantor BKD Papua Sepi

"Di Amerika nanti saya akan menempuh pendidikan di Meadowdale High School, Kota Lynnwood, Washington selama 1 tahun," kata siswi kelahiran 26 Mei 2005 yang akrab di sapa Dara Kepada Tribu-Papua.com, di Jayapura, Senin (26/7/2021).

Untuk sampai terpilih, kata dia, seluruh perserta wajib melewati serangkaian proses seleksi yang cukup panjang dan ketat. Mulai dari seleksi berkas, seleksi daerah, sampai dengan seleksi nasional.

Baca juga: Ratusan Warga Antre PCR, Selly Ajawaila: Efek Jelang Ditutupnya Akses Keluar Masuk Papua

Dari Provinsi Papua dan Papua Barat diikuti sebanyak lima peserta, namun setelah menjalani tes wawancara satu orang gugur.

Kemudian masuk tahapan tes dinamika kelompok satu orang lagi dinyatakan gugur, dan setelah masuk tahap tes nasional dua orang kembali dinyatakan gugur, sehingga tersisa satu orang.

"Alhamdulillah saya lolos sebagai finalis. Bahkan setelah menjalani tes Internasional English Language Testing System (IELTS) khusus untuk pertukaran pelajar, saya dinyatakan lulus sehingga tidak perlu lagi mengikuti pelajaran tambahan, khususnya bahasa inggris,"ujarnya.

Baca juga: Petugas Pemakaman Covid-19 Butuh Perhatian, Sehari Bisa Makamkan 8 Jenazah

Untuk keberangkatan, akan disesuaikan dengan jadwal pada 9 Agustus 2021 mendatang hanya saja dikarenakan Pandemi Covid-19 pihak panitia memberikan pertimbangan.

"Untuk antisipasi saya akan berangkat ke Jakarta pada Rabu (28/7/2021), mengingat Papua akan terapkan lockdown mulai awal Agustus," katanya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved