Breaking News:

KKB Papua

TNI Tangkap 6 Orang Terduga KKB di Keerom, Mengaku akan Pulang seusai Hadiri Upacara HUT OPM

Enam orang terduga Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) diamankan oleh prajurit TNI dari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs.

Editor: Roifah Dzatu Azmah
kodam1-bukitbarisan.mil.id
Enam orang terduga Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) diamankan oleh prajurit TNI dari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Enam orang terduga Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) diamankan oleh prajurit TNI dari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs.

Para terduga KKB tertangkap dalam agenda sweeping di Pos Skofro Lama Distrik Arso Timur Kabupaten Keerom, Papua.

Wadan Satgas RI-PNG Yonif 131/Brs Mayor Inf Ahmad Muzani menjelaskan dalam rilis tertulisnya di Arso Barat, Kab. Keerom, Rabu (28/7/2021).

Baca juga: Tugas Penting Polda Papua selain Perangi KKB, Memberantas Mafia Obat Covid-19

Baca juga: Tak Hanya Memburu KKB, Polda Papua Juga Ungkap Mafia Penimbun Obat untuk Penanganan Covid-19

Melansir dari laman kodam1-bukitbarisan.mil.id, Wadan Satgas menjelaskan masyarakat tersebut diamankan pada saat Pos Skofro Lama melaksanakan kegiatan Sweeping.

Sekitar pukul 12.30 WIT (26/7/2021) di depan Pos Skofro Lama melintas kendaraan roda empat jenis Avanza warna hitam Nopol PA 1934 AP berpenumpang 7 orang.

Setelah diperiksa diketahui bahwa dari 7 Orang tersebut 1 orang warga Abepura (sebagai supir) dan 6 orang diantaranya diduga sebagai anggota OPM.

Karena ditemukan kartu tanda pengenal OPM, dokumen tertulis tentang kegiatan yang dilaksanakan dan dokumen hasil rapat pada saat tanggal 1 juli di Markas Victoria Papua Nugini serta 1 buah kelongsong munisi.

“Kejadian ini sudah kesekian kalinya terjadi, kami (Satgas) akan terus berusaha untuk mencegah terjadinya pelanggaran lintas batas negara, keluar masuknya barang-barang ilegal serta mempersempit ruang gerak anggota OPM dengan melaksanakan sweeping rutin di setiap pos-pos yang menjadi perlintasan di wilayah Kab. Keerom dan Jayapura”, Ujar Wadan Satgas.

Ditempat terpisah Danpos Skofro Lama mengatakan, dari 7 warga tersebut 6 diantaranya diduga kuat sebagai anggota OPM.

Baca juga: 2 Minggu Lakukan Pengintaian, Satgas Nemangkawi Tangkap Anggota KKB yang Buron Sejak 2016

Setelah dilakukan interogasi lanjutan oleh satgas inteligen TNI diperoleh keterangan bahwa ke 6 orang tersebut baru saja selesai menghadiri upacara HUT OPM pada 1 Juli 2021 di Markas Victoria Distrik Bewani Papua Nugini.

“Setelah diambil keterangan lanjutan oleh satgas Intelijen TNI, saat ini ke 7 orang penumpang serta barang bukti telah diserahkan kepada pihak Polres Keerom untuk proses lebih lanjut”, ujar Danpos.

Halaman
123
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved