Breaking News:

PON XX Papua

Begini Persiapan PLN Penuhi Jaringan Listrik untuk Event PON XX Papua

PLN telah melakukan perbaikan dan pemeliharaan jaringan listrik dan pembangkit untuk mempersiapkan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Editor: Roifah Dzatu Azmah
Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR
Kementerian PUPR memperpanjang masa pelaksanaan pembangunan infrastruktur arena Pekan Olahraga Nasional XX Papua hingga awal tahun 2021. 

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA - Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah melakukan perbaikan dan pemeliharaan jaringan listrik dan pembangkit untuk mempersiapkan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Hal ini dijelaskan Senior Manager Transmisi dan Distribusi PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIW PPB) Yondri Zulfadli melalui rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com, Senin (23/8/2021).

"Ini kami lakukan untuk memastikan pasokan listrik dari pembangkit dapat teraliri dengan baik saat kegiatan nanti," kata Senior Manager Transmisi dan Distribusi PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIW PPB) Yondri Zulfadli dalam kunjungannya ke lokasi-lokasi pelaksanaan PON di Merauke.

Baca juga: Semarak PON XX Papua Warnai Bundaran HI Jakarta, KSP Dilibatkan

Baca juga: Hendrikus Basikbasik Siap Sumbang Medali Emas Untuk Papua Pada PON XX

Sementara itu, disisi ketersediaan daya, pembangkit listrik yang ada dirasa sangat cukup untuk menyuplai daya yang dibutuhkan selama PON XX berlangsung.

"Beban puncak Kabupaten Merauke saat ini 24,2 MW, sedangkan total daya mampu pembangkit kami mencapai 46,5 MW," katanya.

"Dengan perkiraan kebutuhan daya untuk PON XX sekitar 3,4 MW, maka pembangkit kami masih sangat cukup,"ujarnya.

Selain suplai dari pembangkit utama, PLN juga telah menyiapkan peralatan lain untuk mengamankan pasokan listrik di venue-venue pertandingan.

"Untuk di Merauke, kami juga telah menyiapkan 33 unit mobile genset kapasitas variatif antara 100 kW, 200 kW dan 500 kW."

Baca juga: Bupati Mamteng Sebut Warga Argapura Punya Kepedulian Sukseskan PON XX Papua

Dia mengatakan pihaknya juga menyediakan 2 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) 250 kVA dan 6 Unit Gardu Bergerak (UGB) kapasitas 250 kVA dan 400 kVA yang akan dipasang di venue-venue pertandingan dan lokasi strategis lainnya.

"Dengan backup ini diharapkan tidak ada padam sama sekali saat kegiatan berlangsung,"ujarnya.

Kabupaten Merauke sendiri menjadi tuan rumah penyelenggaraan 6 cabang olahraga, yakni sepak bola putri, catur, bermotor, anggar, wushu dan gulat yang akan dilaksanakan di 5 venue berbeda.

Dengan persiapan dan antisipasi yang matang, PLN berupaya memastikan keandalan suplai listrik untuk PON XX di Merauke dapat terjaga tanpa adanya gangguan.

(*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved