Breaking News:

PON XX Papua

Bidang Sosial Budaya: Pengambilan Penari PON XX Papua Berdasarkan Legalitasnya

Kota Jayapura terdata 50 sanggar tari, Kabupaten Jayapura 20 sanggar tari, Mimika 20 sanggar tari, dan Kabupaten Merauke 20 sanggar tari.

Penulis: Patricia Laura Bonyadone | Editor: Roy Ratumakin
TRIBUN-PAPUA.COM/ Tirza Bonyadone
Ilustrasi -- Ferry Mandosir saat ditemui di Komplek Kantor Gubernur. Sanggar Tari Vans Palara, foto diambil oleh Ronny Bubui, (26/11/2020).   

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Tirza Bonyadone

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Bidang Sosial Budaya sejak akhir tahun 2020, telah melakukan identifikasi sanggar seni budaya yang dimiliki oleh empat kluster jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Mengingat jumlah sanggar tari cukup banyak, membuat pihak Sosial Budaya melakukan pemilahan lebih lanjut.

Setidaknya untuk Kota Jayapura terdata 50 sanggar tari, Kabupaten Jayapura 20 sanggar tari, Mimika 20 sanggar tari, dan Kabupaten Merauke 20 sanggar tari.

Baca juga: Melalui PON XX Papua, Kekayaan Budaya Setiap Suku Harus Ditonjolkan

Koordinator Sosial Budaya Enrico Yori Kondologi (40), mengatakan pada saat melakukan identifikasi pihaknya telah mengumpulkan setidaknya 100 lebih sanggar.

“Kami mengecek setiap sanggar harus memiliki legalitas mulai dari akta notaris, didirikan sejak tahun berapa, menghasilkan berapa banyak karya dan juara yang diperoleh,” kata Yori kepada Tribun-Papua.com, Jumat (27/8/2021).

Melalui data yang telah terkumpul dan penyaringan, maka dilakukannya Memorandum of Understanding (MoU), perjanjian formal yang dibuat di antara dua pihak atau lebih.

“Dari verifikasi tersebut setidaknya untuk klaster kota dan kabupaten dan memutuskan 37 sanggar akan digunakan dalam ajang nasional, dari 100 lebih,” ujarnya.

Dari sanggar-sanggar yang telah terkumpul ini, terbanyak dari Kota Jayapura.

“Tidak hanya dari wilayah Humboldt atau Port Numbay, ternyata ada sanggar dari Saireri, Asmat, Tua tua orang Dani, Suku Meh dan semua telah terakomodir di dalam,” pungkasnya.

Baca juga: Jelan PON XX 2021, BUMN Diharapkan Dapat Melihat Tempat Wisata yang Kurang Terawat 

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved