Breaking News:

Pergantian Direktur RSUD Jayapura

Komisi V DPR Papua Akan Surati Gubernur Minta Klarifikasi Pergantian Direktur RSUD Jayapura

Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Papua mempertanyakan pergantian Direktur RSUD Jayapura oleh Gubernur Lukas Enembe

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: Musa Abubar
Istimewa
Suasana Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan mitra kerja yang dilaksanakan oleh Komisi V DPRP di Hotel Horison Jayapura,Rabu(01/09/2021) 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com,Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA-Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Papua menyatakan sikap akan bersurat secara resmi kepada Gubernur Lukas Enembe untuk meminta penjelasan atau klarifikasi terkait keputusannya mengganti Direktur RSUD Jayapura, drg. Aloysius Giyai.

Pernyataan tegas itu disampaikan unsur pimpinan dan anggota komisi yang membidangi masalah pendidikan dan kesehatan ini kepada wartawan usai menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan mitra kerja di Hotel Horison Jayapura,Rabu(01/09/2021).

"Kami menilai pergantian Pak Aloysius ini mendadak tanpa ada indikator yang jelas. Kami Komisi V DPRP sangat meyayangkan dan mempertanyakan,"kata Sekretaris Komisi V DPRP, Fauzun Nihayah.

Baca juga: Sepakbola PON XX Papua Putra dan Putri Masuk Group A

"Sebab selama ini sebagai mitra, kami melihat Aloysius sudah sangat optimal bekerja membangun RSUD Jayapura, baik pembenahan manajemen pelayanan maupun pembangunan fisik rumah sakit yang sudah luar biasa,"ujarnya.

Menurut Fauzun,ada banyak indikator yang membuat pihaknya menilai bahwa Aloysius sudah bekerja menyelamatkan rakyat Papua di bidang kesehatan. Kerjanya ini sudah sangat luar biasa.

Oleh karena itu, kata politisi Partai Nasdem ini, Komisi V dalam waktu dekat akan mengirim surat kepada Gubernur Papua melalui pimpinan DPRP secara lembaga untuk meminta penjelasan terkait alasan pergantian Aloysius secara mendadak.

Anggota Komisi V DPR Papua Nason Uti mengatakan, mencari sosok pemimpin di sektor kesehatan di Papua seperti Aloysius Giyai adalah sangat langka.

Baca juga: Kalah di Laga Perdana, BTM Optimis Persipura akan Tunjuk Taring di  Partai Selanjutnya

Menurut Nason, jejak karya dan prestasi kerjanya terekam dimana-mana. Mulai dari mengubah RSUD Abepura menjadi rumah sakit terbaik di Papua, memimpin Dinas Kesehatan Papua dan melahirkan program Kartu Papua Sehat (KPS) dan Satuan Tugas Kaki Telanjang dan Terapung (Satgas Kijang), hingga mengubah RSUD Jayapura saat ini.

"Malaikat hitam yang membisik di telinga gubernur Papua supaya Aloysius diganti itu adalah orang yang menggagalkan visi misi gubernur sendiri,"katanya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved