Breaking News:

KKB Papua

Penyerangan Posramil Sudah Direncanakan KKB, Kapolda Papbar: Berdampak pada Situasi di Kampung Kisor

Penyerangan di Poskoramil (Posramil) Kisor, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, yang menewaskan empat prajurit TNI dilakukan secara terencana dan matang.

Editor: Claudia Noventa
ISTIMEWA
KUNJUNGAN - Suasana saat kunjungan Gubernur, Pangdam XVIII/Kasuari, dan Kapolda Papua Barat, di Posramil Kisor, Maybrat. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Penyerangan di Poskoramil (Posramil) Kisor, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, yang menewaskan empat prajurit TNI dilakukan secara terencana dan matang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing.

Diketahui, Irjen Pol Tornagogo Sihombing telah meninjau tempat kejadian perkara bersama Pangdam Kasuari Mayjen I Nyoman Cantiasa dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

"Saya pastikan bahwa kasus ini terjadi dengan kasus perencanaan pembunuhan yang berakibat matinya orang lain," kata Tornagogo Sihombing dikutip dari Antara, Senin (6/9/2021).

Baca juga: Boni Talenggen, Mantan KKB Papua Dilibatkan Jaga Kamtibmas di Puncak Jaya Papua

Baca juga: Satu Dari Penyerang 4 TNI di Maybrat Diduga Berafiliasi Dengan KNPB

Mereka memastikan pengusutan kasus penyerangan itu dilakukan secara bersinergi antara polisi dan TNI.

Tornagogo juga ingin memastikan sejumlah temuan di tempat kejadian perakara. Ia berharap temuan di lapangan bisa mengungkap kasus penyerangan tersebut.

"Dari pembuktian-pembuktian yang kami kumpulkan itu, akan kami sampaikan kepada publik bahwa telah terjadi kasus penyerangan yang berakibat matinya anggota-anggota terbaik bangsa," ujarnya.

Menurut Tornagogo, penyidikan telah dilakukan sesuai prosedur hukum yang berlaku.

"Rencana pembunuhan ini juga berdampak kepada situasi yang terjadi di wilayah Kampung Kisor ini, dan wilayah Papua Barat pada umumnya," kata Kapolda.

Baca juga: Kata Kampendam XVIII/Kasuari, Takut Teroris Masyarakat Lari Ke Hutan

Tornagogo memastikan seluruh pelaku penyerangan itu akan ditangkap. Polisi, kata dia, telah mengantongi identitas pelaku.

"Satu orang yang sudah dipastikan sebagai pelaku dan sudah dikembangkan, dan sudah kami kantongi nama-nama pelaku lainnya," katanya.

Ia menyebut, seorang terduga pelaku kasus penyerangan tersebut telah ditahan di Polres Sorong Selatan.

"Saat ini satu orang pelaku sudah ditahan di Polres Sorong Selatan, karena ini merupakan wilayah hukum Polres Sorong Selatan," ujar dia.(*)

Berita terkait lainnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kapolda Papua Barat Sebut Penyerangan Pos Koramil Kisor di Maybrat Terencana

 

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved