Breaking News:

PON XX Papua

Alexander Kapisa: Venue Akan Dimanfaatkan Maksimal Usai PON

“Kedepannya venue harus dirawat oleh anak asli Papua, saat ini sudah mendapat ilmu dalam kurun waktu setahun dari pihak vendor,” jelas Alex Kapisa.

Penulis: Nandi Tio G Effendy | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Tio Effendy
TANGKAPAN LAYAR - Webinar Merawat Papua, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua Alexander Kapisa. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Tyo Effendy

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Pelaksana Tugas Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua Alexander Kapisa memastikan terus memaksimalkan keseluruhan venue usai penyelenggaraan PON XX Papua.

“Kami pastikan akan optimalkan venue paska PON yang dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Disorda,” kata Alexander dalam Webinar yang diikuti Tribun-Papua.com, Selasa (7/9/2021) Siang.

Pihaknya hingga saat ini terus menjalin kerjasama dengan keseluruhan vendor yang terlibat untuk mempelajari proses perawatan venue tersebut.

Baca juga: DPW PAN Papua Pilih Kenius Kogoya dan Yunus Wonda Sebagai Cawagub Papua

“Kami sudah membuka ruang, saat ini sudah 45 anak asli Papua yang berdomisili disekitar venue kami rekrut untuk menjadi tenaga teknis,” lanjut Plt Kadisorda Papua itu.

“Kedepannya venue harus dirawat oleh anak asli Papua, saat ini mereka sudah mendapat ilmu dalam kurun waktu setahun dari pihak vendor,” jelas Alexander.

Nantinya, Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua terus merangsang seluruh elemen untuk terus mengadakan kegiatan olahraga di setiap venue yang memiliki standar Internasional.

Bahkan, Alexander Kapisa sudah membuat road map terkait masa depan sport center yang berada di Kabupaten Jayapura.

“Sport Center yang berada di Doyo Baru akan menjadi pusat pembibitan olahraga bagi usia dini atau para pelajar,” lanjut dia.

Baca juga: Berasal dari Papua Nugini, 2 Orang Tersangka Penyuplai Senjata untuk KKB Punya Peran yang Berbeda

“Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Papua kami akan pindahkan kesana,” ujar Plt Kadisorda Papua itu.

Selain itu, Sport Center Kampung Harapan nantinya digunakan sebagai menjadi pusat olahraga profesional yang dikelola Fakultas Olahraga Universitas Cenderawasih.

“Nantinya akan dibentuk akademi sepakbola dan atletik disana, hal tersebut permintaan khusus dari Gubernur Papua Lukas Enembe,” tutup Alexander Kapisa. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved