Breaking News:

PON XX Papua

Minta Aparat Matangkan Pengamanan PON XX Papua, Mahfud: Termasuk Acara Pembukaan, Dihadiri Presiden

Aparat keamanan diminta untuk mematangkan pengamanan pelaksanaan pekan olahraga nasional (PON) XX yang akan segera digelar di Papua.

Editor: Claudia Noventa
Tribun-Papua.com/ Hendrik
Menkopolhukam Mahfud MD saat memberikan ketereangan pers di Jayapura Papua 

TRIBUN-PAPUA.COM - Aparat keamanan diminta untuk mematangkan pengamanan pelaksanaan pekan olahraga nasional (PON) XX yang akan segera digelar di Papua.

Diketahui, PON XX Papu akan digelar pada 2-15 Oktober 2021.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, langsung menyampaikan perintah tersebut saat berkunjung ke Resimen Induk Kodam (Rindam) XVII Cendrawasih, pada Sabtu (11/9/2021).

"Saya minta kepada Pangkogabwilhan III, Pangdam, Kapolda, Danlantamal, Danlanud, supaya terus melakukan pematangan rencana pengamanan, termasuk acara pembukaan PON yang akan dihadiri oleh Bapak Presiden," ujar Mahfud dikutip dari siaran pers, Minggu (12/9/2021).

Baca juga: Miris, Sekretariat Sub PB PON Utang Biaya Pelatihan Jurnalis Peliput PON di Kabupaten Jayapura

Baca juga: Semarak PON XX, Wadomu Art Hadirkan Aksesoris Buah Pinang dan Sirih

Selain itu, Mahfud juga menekankan tentang pentingnya rencana pematangan keamanan yang perlu dipersiapkan sebelum PON dibuka, saat pembukaan, dan saat pertandingan berlangsung.

Mahfud berharap pematangan tersebut dilakukan mulai dari rencana pengamanan, deteksi, kontijensi, hingga terus melakukan simulasi-simulasi pengamanan.

"Termasuk bila ada peralatan pendukung yang dibutuhkan supaya segera dilaporkan, agar pengamanan PON di Papua di empat klaster yaitu di Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Mimika dipastikan baik," kata dia.

Di samping pengamanan venue, Mahfud juga meminta agar pengamanan para atlet dan kontingen setiap daerah juga dilakukan.

Baik itu di lokasi-lokasi pertandingan, penginapan, hingga saat mereka berinteraksi dengan masyarakat.

Baca juga: Yunus Wonda: Walau Ada Izin PON Dihadiri Penonton, Surat Vaksin “Tiket” Utama

Dalam kesempatan itu, Mahfud juga didampingi oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Pangkogabwilhan III Letjen TNI Jeffrey A. Rahawarin, Pangdam XVII Cendrawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri, Danlanud Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi, Danlantamal X Jayapura Kolonel Marinir Feryanto, Kabinda Papua, serta pejabat dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementeriena Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta KONI.

Adapun PON XX Papua akan digelar pada 2-15 Oktober 2021.

Pelaksanaannya terbagi di empat klaster, yaitu Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Mimika.(*)

Berita terkait lainnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Menko Polhukam Minta Aparat Matangkan Rencana Pengamanan PON XX Papua

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved