Breaking News:

PON XX Papua

Cakupan Vaksinasi di 4 Daerah Penyelenggara PON XX Papua Belum Mencapai Target

Vaksinasi di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika, sebagai empat klaster penyelenggara PON, belum memenuhi target sebesar 70 persen.

Tribun-Papua
MERIAH - Suasana Gebyar PON XX Papua, Klaster Kota Jayapura di Lapangan PTC Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura berlangsung meriah. Puluhan musisi Papua ambil bagian dalam kegiatan tersebut. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Meski belum resmi dibuka, cabang olahraga (cabor) yang dilombakan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua, sudah mulai berjalan sejak Rabu (22/9/2021).

Namun, capaian vaksinasi di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika, sebagai empat klaster penyelenggara PON, belum memenuhi target sebesar 70 persen.

Hingga Selasa (21/9/2021), capaian vaksinasi di Kota Jayapura mencapai 60,3 persen, Kabupaten Jayapura, 54,5 persen, Merauke 63,5 persen, dan Mimika 57,8 persen.

Baca juga: Wiwa Band Launching Lagu Single Lukas Enembe, Gerius: Anak Papua Lestarikan Musik Daerah 

Merespon hal tersebut, Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri, mengaku, tetap optimistis pada akhir September 2020, capaian vaksinasi di seluruh klaster PON akan mencapai 70 persen.

"Kami percaya, minggu ini semua bisa 65 persen, lalu akhir bulan sudah tembus 70 persen," ujar Fakhiri di Jayapura, Rabu (22/9/2021).

Fakhiri menuturkan, khusus untuk Kabupaten Jayapura, sempat terjadi kesalahan pada pemasukan data vaksinasi sehingga angkanya cukup tertinggal dari kabupaten lainnya.

Menurut dia, selama ini tim vaksinasi yang turun ke Kabupaten Jayapura, memasukan data vaksinasi ke Kota Jayapura sehingga capaian di wilayah tersebut tergolong stagnan.

Baca juga: Oknum Pejabat dan Politisi Papua Diduga Rudapaksa Siswi SMU, Polisi Periksa Sejumlah Saksi

"Sebenarnya Kabupaten Jayapura sudah bisa 60 persen karena kemarin ada salah input data, jadi ada data yang diambil dari Biddokes, Kodam dari kabupaten itu dikasih masuk ke dalam datanya Kota Jayapura, kan kami lakukan gebyar vaksin ke mana-mana. Saya sudah minta kalau itu data Sentani masukan ke Sentani supaya bisa sama-sama naik," kata dia.

Kemudian, tim dari Polda Papua akan menggenjot vaksinasi di beberapa distrik di Kabupaten Jayapura, yang letaknya cukup dekat dengan venue PON.

Baca juga: Semua Pihak Diminta Serius Usut Kasus Dugaan Rudapaksa Siswi SMU oleh Oknum Pejabat Papua

"Nanti tim dari Biddokes ini kami akan geser ke Depapre, Nimbokrang, Genyem, itu distrik-distrik yang paling dekat ke venue. Kalau kampung-kampung yang ada di Danau Sentani kami serahkan ke Polres," tutur Fakhiri.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved