Breaking News:

KKB Papua

Gugur saat Kontak Senjata dengan KKB Papua, Jenazah Pratu Ida Bagus Dimakamkan di TMP Landak

Pratu Ida Bagus Putu Suwarman, merupakan prajurit TNI yang gugur di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, saat berhadapan dengan KKB.

Editor: Claudia Noventa
(dok Pemkab Landak)
Pratu Ida Bagus Putu Suwarman, prajurit yang gugur setelah diduga ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, dimamkan secara militer di taman makam pahlawan, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat (Kalbar), Kamis (23/09/2021). Acara yang dipimpin Komandan Korem 121/Alambhana Wanawwai Brigjen TNI Ronny pemakaman berlangsung khidmat. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Jenazah Pratu Ida Bagus Putu Suwarman, prajurit TNI dimakamkan secara militer di taman makam pahlawan (TMP), Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat (Kalbar), Kamis (23/9/2021).

Pratu Ida Bagus Putu Suwarman, merupakan prajurit TNI yang gugur di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, saat berhadapan dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Pemakaman yang dipimpin Komandan Korem 121/Alambhana Wanawwai Brigjen TNI Ronny itu pun berlangsung khidmat.

“Satu bulan ini, Kalbar kehilangan dua prajurit TNI yang gugur dalam melaksanakan tugas dan mereka dengan tulus memberikan jiwa dan raganya di tempat tugasnya dalam daerah operasi untuk keamanan Negara,” kata Ronny dalam keterangan tertulisnya, Kamis.

Baca juga: Oknum ASN Pemasok Amunisi KKB Ternyata Berhubungan dengan Senat Soll, Ini Kata Kapolres Yahukimo

Baca juga: Ironis, Oknum ASN Yahukimo Pemasok Senjata KKB Papua Berhubungan Langsung Senat Soll

Ronny berharap, tidak ada lagi putra Kalbar yang bertugas di wilayah Papua menjadi korban penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

“Untuk rekan-rekan prajurit yang bertugas di Papua tetap menjaga keamanan dan perdamaian di sana,” ujar Ronny.

Sementara itu, Bupati Landak Karolin Margret Natasa mengatakan, seluruh masyarakat berduka dengan gugurnya Praka Anumerta Ida Bagus Putu Suwarman dalam menjalankan tugas menjaga keamanan dan kedamaian di Papua.

“Ini merupakan bukti bahwa keamanan itu adalah sesuatu yang mahal, kemerdekaan dan keamanan kita itu dibayar dengan harga yang mahal sekali bahkan dengan nyawa. Konflik dan kekerasan tidak menghasilkan apapun, semua orang akan rugi,” terang Karolin.

Karolin mengaku terus mendukung pemerintah agar segera tercipta situasi yang aman dan damai di Papua, serta perjuangan putra Kabupaten Landak yang gugur bisa diteruskan ke semua orang untuk menciptakan kedamaian dan menjaga keutuhan NKRI.

Baca juga: Minta Bantuan Brimob Mabes untuk Tangani KKB, Polda Papua: Usut Tuntas Insiden di Pegunungan Bintang

“Kepada saudara-saudara kita di Papua, kami mendoakan agar seluruh gerakan sparatis segera bisa ditumpas dan situasi bisa aman sehingga bisa membangun daerah Papua,” tutup Karolin.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved