Breaking News:

Warga Kocar-kacir Tinggalkan Motor saat Lihat Harimau Masuk Perkebunan, Ini Imbauan BKSDA Aceh

Sejumlah warga dikagetkan dengan adanya seekor harimau masuk perkebunan di kawasan Seuleukat, Kecamatan Bakongan Timur, Kabupaten Aceh Selatan.

Kompas.com/Dok Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Ilustrasi harimau Sumatera - Sejumlah warga dikagetkan dengan adanya seekor harimau masuk perkebunan di kawasan Seuleukat, Kecamatan Bakongan Timur, Kabupaten Aceh Selatan. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Sejumlah warga dikagetkan dengan adanya seekor harimau sumatra (panthera tigris sumatrae) masuk perkebunan di kawasan Seuleukat, Kecamatan Bakongan Timur, Kabupaten Aceh Selatan.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh mengatakan bahwa lokasi harimau tersebut berjarak 2 kilometer dari permukiman.

"Ada seekor harimau dilaporkan masuk perkebunan warga yang hanya berjarak 2 kilometer dari permukiman penduduk setempat," kata Kepala Seksi Wilayah II Subulussalam BKSDA Aceh Hadi Sofyan seperti dikutip dari Antara, Minggu (10/10/2021).

Baca juga: Cium Bau Busuk, Warga Indramayu Heboh Temukan Jasad Hangus Tinggal Kerangka di Dalam Hutan

Baca juga: Dapat Latihan Khusus dari Sang Ibu, Ivan Taher Usai Rebut Medali Emas: Berkat Allah SWT

Hadi mengatakan, masyarakat melaporkan bahwa harimau tersebut masuk perkebunan pada Sabtu kemarin.

Berdasarkan laporan tersebut, tim BKSDA langsung ke lokasi.

"Warga yang melihat harimau itu hendak beranjak dari kebunnya. Warga tersebut ketakutan hingga meninggalkan sepeda motornya di lokasi. Ada empat sepeda motor ditinggalkan pemiliknya," kata Hadi.

Menurut Hadi, sepeda motor yang tertinggal tersebut sudah diamankan setelah tim BKSDA melakukan pengusiran satwa dilindungi itu dengan mercon.

Hadi meminta masyarakat agar tidak mendekat ke areal perkebunan yang dimasuki harimau tersebut, karena belum dipastikan aman.

"Tim BKSDA Aceh masih berada di lokasi, berupaya melakukan penggiringan agar harimau kembali masuk hutan. Mudah-mudahan harimau tersebut menjauh dari perkebunan, sehingga warga dapat beraktivitas seperti biasa di kebun mereka," kata Hadi.

Harimau sumatra merupakan satwa liar dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Baca juga: Viral Video Sopir Truk Dipalak Uang Keamanan, Polisi Bongkar Fakta: Hanya Main-main untuk Konten

Baca juga: Hindari Utang, Pengusaha Terlur Ini Heboh Bikin Skenario Dibegal Rp1,3 Miliar, Begini Nasibnya

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved