Breaking News:

PON XX Papua

Cabor Tarung Derajat PON XX Papua Berakhir

Laga final Tarung Derajat yang bergulir pada Selasa (12/10/2021) malam, jadi penutup seluruh rangkaian pertandingan Tarung Derajat.

Istimewa
Sang Guru Badai Meganagara Dradjat (Kang Badai) dan Sang Guru Rimba Dirgantara Dradjat (Kang Badai) 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Ridwan Abubakar

TRIBUN-PAPUA.COM, TIMIKA - Laga final Tarung Derajat yang bergulir pada Selasa (12/10/2021) malam, jadi penutup seluruh rangkaian pertandingan Tarung Derajat dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Klaster Mimika.

Sejumlah pihak mengapresiasi kinerja pemerintah daerah, masyarakat dan termasuk panitia yang ikut mensukseskan jalannya pertandingan cabor asli Indonesia tersebut.

Baca juga: Atlet Terjun Payung Taufik Nandar Kagum dengan Papua

Ketua Harian Pengurus Besar Kodrat, Brigjen Pol Syamsul Bahri MM usai penyerahan medali kepada para atlet mengatakan, ada tiga faktor kesuksesan yang diraih Tarung Derajat dalam PON XX Papua yakni tertib, aman, dan lancar. Selain itu, ia menilai Papua bisa menjadi juara umum dalam gelaran Tarung Derajat karena memiliki nilai disiplin.

“Luar biasanya, tidak ada insiden, tidak ada protes, tidak ada yang menolak hasil yang ada hari ini. Hal itu mungkin dikarenakan Tarung Derajat adalah budaya kita. Karena olahraga ini asli Indonesia yang dilahirkan di Bandung oleh AA Boxer,” ungkapnya.

Apresiasi ia lontarkan kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe dan Bupati Mimika Eltinus Omaleng atas sukses penyelenggaraan Tarung Derajat dalam PON XX di Papua.

"Bisa begini aman saja itu menurut kami luar biasa. Siapa bilang Papua tidak aman? Aman. Buktinya kita kemana-mana saja bisa,” katanya.

Sang Guru Rimba Dirgantara Dradjat atau dikenal Kang Badai juga bersyukur karena pertandingan olahraga tarung derajat ini telah selesai dipertandingkan.

Baca juga: Kata Polisi soal Pedagang Sayur Jadi Tersangka sesusai Dianiaya di Pasar: Korban juga Pelaku

"Dari segi penyelenggaraan awal hingga akhir pertandingan alhamdulilah kita lancar. Kemudian kita juga menunjukkan bahwa olahraga cabang tarung derajat Indonesia itu mempunyai nilai-nilai yang bisa dilihat di sini, katanya.

Meskipun di dalam pertandingan mereka berdarah-berdarah, tetapi diluar pertandingan mereka rukun.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved