Breaking News:

Putri Papua Dapat Posisi Strategis, Dilantik Jokowi Jadi Dubes Selandia Baru

Fientje Suebu dilantik sebagai Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Selandia Baru oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

(DOK. Humas Pemerintah Provinsi Papua)
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Papua Jeri Agus Yudianto 

TRIBUN-PAPUA.COM - Fientje Suebu dilantik sebagai Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Selandia Baru oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Papua Jeri Agus Yudianto pun memberikan apresiasi.

“Posisi Beliau (Fientje) menjadi Dubes Selandia Baru ini sangat strategis, karena di wilayah Pasifik, Papua (merupakan) salah satu provinsi paling ujung Indonesia, sebagai pintu masuk perdagangan dan perekonomian," kata Jeri saat dihubungi melalui telepon, Kamis (28/10/2021).

Sebagai informasi, Fientje Suebu merupakan salah satu dari 17 dubes baru yang dilantik Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin (25/10/2021).

Baca juga: Pos Polisi di Aceh Barat Ditembaki OTK, Proyektil Peluru Ada di Tembok hingga Mobil Sekitar TKP

Baca juga: Rektorat UNS Solo Putuskan Menwa Dibekukan Sementara: Jadi Sudah Ditutup Semua Kantor

Putri Papua yang dilantik menjadi Dubes Selandia Baru itu telah berkarier di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) selama 31 tahun.

“Pada prinsipnya, kami memberikan apresiasi karena proses pemilihan dubes ini melalui prosedur yang tidak singkat. Ada proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI)," ucap Jeri.

Menurutnya, Fientje telah memberikan dedikasi penuh selama berkarier di Kemenlu, sehingga posisi baru sebagai dubes juga akan diampu dengan baik.

Jeri menjelaskan, posisi dubes menjadi strategis lantaran pemerintah tengah gencar menggelar Pacific Exposition, yaitu ajang perkenalan perekonomian dan perdagangan Indonesia, khususnya Papua, untuk daerah Pasifik.

Baca juga: Pensiunan Guru Tewas Ditikam OTK saat Makan di Restoran, Warga Ketakutan dan Tak Berani Menolong

Mewakili Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua, Jeri berharap, keberadaan Fientje sebagai Dubes Selandia Baru dapat memberi warna bagi diplomasi Indonesia di wilayah Pasifik.

“Kami Papua ikut berpartisipasi (dalam acara Pacific Exposition) dan ada beberapa hal yang akan kami tampilkan secara virtual nanti. Tentunya harapan kami, bersama stakeholder pemerintah pusat terlebih dengan Pemprov Papua, dapat melanjutkan event itu," tutur Jeri.

Ia berharap, acara yang melibatkan regional Papua akan terus bertambah.

(*)

Berita Papua lainnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Putri Papua Dilantik Jadi Dubes Selandia Baru, Pemprov Papua: Posisi Ini Sangat Strategis"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved