Breaking News:

KKB Papua

Anggota KKB yang Tewas di Intan Jaya Ditembak Saat Lalu-lalang di Honai, Identitasnya Diselidiki

Sebelumnya, aparat gabungan melakukan pemantauan jarak jauh dan melihat empat anggota KKB sedang membuat api di depan sebuah Honai

Istimewa
Kontak senjata kembali terjadi di Bilogai, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Dalam kontak tembak tersebut, 1 anggota TPN-OPM dikabarkan meninggal dunia. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Seorang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tewas dalam penindakan hukum yang dilakukan aparat gabungan TNI-Polri di Kampung Bulagi, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menyebut, penindakan diwarnai kontak senjata pada Minggu (14/11/2021) siang.

Identitas anggota KKB yang tewas masih dalam penyelidikan.

Sebelumnya, aparat gabungan melakukan pemantauan jarak jauh dan melihat empat anggota KKB sedang membuat api di depan sebuah Honai dekat sungai Kampung Wandoga.

Baca juga: Wapres Dukung Proses Hukum Anggota MUI yang Terlibat Terorisme

Lalu, empat anggota KKB tersebut memegang sepucuk senjata api laras panjang serta pistol, sementara seorang lainnya melakukan pengawasan dengan memegang satu pucuk senjata jenis SS1.

"Setelah itu terpantau 6 anggota KKB yang terdiri dari 2 orang pengamanan di kebun, 2 orang berada di Honai biru, dan 2 orang berada di Honai coklat," tutur Kamal lewat rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com pada Rabu (17/11/2021) malam.

Selain itu, satu anggota KKB lainnya dengan menggunakan koteka, membawa satu pucuk pistol sambil memakan tebu di depan Honai.

Membaca situasi, aparat gabungan memutuskan penindakan terhadap kelompok tersebut.

Baca juga: Hari Ini Bonus Atlet PON Papua Diserahkan di Stadion Lukas Enembe, Totalnya Rp 457 Miliar

Sebagian merayap menuju sasaran, sedangkan lainnya siaga dari ketinggian.

Kontak tembak pun pecah pada pukul 13.00 WIT.

Satu anggota KKB tewas, sementara tiga lainnya kabur.

"Saat dilakukan pembersihan, ditemukan barang bukti berupa 23 butir munisi 5,56, bendera Bintang Kejora, satu unit HP, gelang, dam satu Noken berisi Bama," ungkap Kamal.

Baca juga: Batas Wilayah Jayawijaya dan Lanny Jaya Sudah Tidak Dipersolakan 

Kini, aparat gabungan masih melakukan pengejaran terhadap anggota KKB lainnya.

"Hingga saat ini situasi di Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya masih aman terkendali. Personel gabungan TNI-Polri masih terus melakukan Patroli dan penjagaan di objek vital dan sekitaran kota," jelasnya.(*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved