Fakta Rusun ASN yang Mulai Dibangun di Papua, Anggaran Senilai Rp 25 Miliar hingga Mirip Wisma Atlet

Rumah susun negara (rusunara) yang diperuntukkan bagi ASN Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang bertugas di Papua akan mulai dibangun.

Tribun-Papua.com/Tribun Network
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati 

TRIBUN-PAPUA.COM - Rumah susun negara (rusunara) yang diperuntukkan bagi ASN Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang bertugas di Papua akan mulai dibangun.

Diketahui, rusunara dengan tipologi seperti Wisma Atlet Kemayoran itu dibangun karena pegawai Kemenkeu dirasa tidak memiliki kemewahan untuk memilih lokasi di mana ia ditempatkan.

Tak sedikit pula pegawai yang ditugaskan jauh dari daerah asalnya, termasuk yang berada di Papua.

Baca juga: Fakta Kecelakaan Maut di Kediri, 4 Orang Tewas hingga Sopir Truk Trailer Kini Diburu Polisi

Baca juga: Kronologi Penganiayaan Anak Autis hingga Tewas, Diawali Ayah yang Kesal kemudian Ibu Ikut Aniaya

Mengutip dari laman Kemenkeu, Menteri Keuangan Sri Mulyani telah melakukan proses grounbreaking pembangunannya pada Jumat (26/11/2021).

"Kebutuhan untuk bisa menjalankan tugas di tempat yang jauh dari homebase membutuhkan dukungan terutama dari sisi rumah tinggal," ujar Sri Mulyani.

Menyikapi Kelebihan Pasokan Ruang Perkantoran

Sementara itu, Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid menyampaikan, rusun ini bertipologi seperti Wisma Atlet Kemayoran.

"Pembangunan rusun ini dibiayai dana APBN tahun Anggaran 2022 melalui DIPA Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Papua senilai Rp 25,5 miliar," kata Khalawi dalam siaran pers.

Baca juga: Tokoh KKB di Yahukimo Temianus Magayang Ditangkap Satgas Nemangkawi, Otak di Berbagai Aksi Kriminal

Adapun untuk spesifikasinya yakni satu tower dengan tiga lantai. Jumlah huniannya 44 unit dengan tipe 36 yang mampu menampung 176 orang.

Rusun ini juga akan dilengkapi fasilitas pendukung seperti meubelair yang terdiri dari tempat tidur susun, lemari pakaian, dan meja kursi makan.

Selain itu akan ada penyambungan listrik dan sarana air bersih serta Prasarana Sarana dan Utilitas (PSU), sehingga bangunan ini siap sedia untuk dimanfaatkan.(*)

Berita terkait lainnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Mirip Wisma Atlet, Rusun ASN Rp 25 Miliar Mulai Dibangun di Papua

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved