Breaking News:

HUT OPM

Begini Respon Bupati Teluk Bintuni Soal Pengibaran Bendera Bintang Kejora di Tower BTS

Petrus menyebut, pengibaran Bendera Bintang Kejora di tower BTS terjadi akibat kondisi daerah yang luas. Sehingga, segala kemungkinan bisa terjadi.

Maichel KOMPAS.com
Bendera Bintang Kejora Berkibar di Tower BTS Kabupaten Teluk Bintuni. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Bendera Bintang Kejora berkibar di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, Rabu (1/12/2021).

Bendera Bintang Kejora dikibarkan pada sebuah tower Base Transceiver Station (BTS) yang berada disekitar Pasar SP 4 Distrik Manimeri.

Pengibaran bendera tersebut diduga berkaitan dengan momentum 1 Desember yang diyakini sebagai hari kemerdekaan bagi rakyat Papua.

Merespon hal itu, Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw memastikan, aparat gabungan TNI-Polri sudah melakukan patroli ketat sejak sebelum 1 Desember.

Dia pun mengklaim kondisi Kabupaten Teluk Bintuni aman terkendali.

Baca juga: Jenderal Andika Perkasa Kunker di Papua, Bendera Bintang Kejora Berkibar di Pusat Kota

Petrus mengungkapkan, pengibaran Bendera Bintang Kejora di tower BTS terjadi akibat kondisi daerah yang luas. Sehingga, segala kemungkinan bisa terjadi.

"Kalau pengibaran bendara saya yakin di mana-mana pasti ada, tetapi intinya situasi aman dan terkendali," kata Petrus dikutip Tribun-Papua.com dari laman Kompas.com.

"Pengibaran bendera itu sudah menjadi perhatian TNI-Polri di mana bendera berkibar tidak semua wilayah Bintuni bisa dipantau dalam waktu yang singkat tetapi daerah strategis aman," lanjut dia.

Baca juga: Lukas Enembe Minta Sri Mulyani Klarifikasi Pernyataan Endapan Dana Rp 12 Triliun di Papua

Pengibaran Bendera Bintang Kejora itu diduga dilakukan oleh orang tak dikenal (OTK) saat tak ada aktivitas masyarakat di wilayah itu.

PETROKIMIA - Bupati Teluk Bintuni, Papua Barat, Petrus Kasihiw saat diwawancarai TribunPapuaBarat.com terkait rencana pembangunan kawasan industri Petrokimia. Seluas 200 hektar lahan akan dibebaskan untuk pembangunan perusahaan gas tersebut.
PETROKIMIA - Bupati Teluk Bintuni, Papua Barat, Petrus Kasihiw saat diwawancarai TribunPapuaBarat.com terkait rencana pembangunan kawasan industri Petrokimia. Seluas 200 hektar lahan akan dibebaskan untuk pembangunan perusahaan gas tersebut. (Tribun-Papua.com/Safwan A Raharusun)

Aparat gabungan TNI-Polri masih terus melakukan patroli. Sementara barang bukti bendera bintang kejora yang sempat berkibar di tower BTS sudah disita oleh polisi.

Selain Teluk Bintuni, pengibaran Bendera Bintang Kejora juga terjadi di ibu kota Provinsi Papua.

Sejumlah pemuda mengibarkan bendera tersebut pada sebuah tiang di halaman GOR Cenderawasih Kota Jayapura.

Baca juga: Bintang Kejora Berkibar di Samping Polda Papua

Lokasi pengibaran Bintang Kejora tepat di samping Markas Polda Papua.

Enam orang ditahan polisi untuk selanjutnya diperiksa. Hingga kini, belum ada keterangan resmi pihak kepolisian terkait hasil pemeriksaan itu. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved