Destinasi Wisata Papua

Menikmati Sunset di Danau Sentani Jayapura Bikin Momen Tak Terlupakan

Secara geografis, Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cycloops, yang memiliki luas sekira 245.000 hektare

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
WISATA DI PAPUA - Matahari terbenam di Danau Sentani, yang terlihat dengan jelas dari salah satu spot pengamatan, yakni Bukit Yomokho di Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura Papua, Minggu (12/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Danau Sentani merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Jayapura Papua, yang selalu punya sisi daya tarik wisata.

Salah satu daya tarik wisata yang amat menarik minat pengunjung atau wisatawan, ialah menikmati matahari terbenam atau sunset dari Danau Sentani.

Menari dengan Burung Cenderawasih dan Berenang dengan Ikan di Tablasupa Papua

Secara geografis, Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cycloops, yang memiliki luas sekira 245.000 hektare.

Danau ini terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, dengan luas area total 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl.

Dengan luasan tersebut, menjadikan Danau Sentani mendapat predikat danau terluas di Papua.

Di danau ini, terdapat 21 buah pulau kecil, yang menghiasi danau yang memiliki lanskap perbukitan hijau ini.

Menilik Surga Tersembunyi di Pantai Tablanusu Kabupaten Jayapura Papua

Secara harfiah, arti kata Sentani ialah "di sini kami tinggal dengan damai", berdasarkan beberapa sumber literatur disebutkan nama Sentani pertama kali disebut oleh seorang Pendeta Kristen BL Bin, ketika melaksanakan misionaris di wilayah danau ini pada tahun 1898.

Danau Sentani menawarkan atraksi wisata berupa, melihat matahari terbenam atau sunset.

Pengunjung atau wisatawan dapat mengamati sunset dari perbukitan hijau di tepi barat Danau Sentani, yakni Bukit Tungkuwiri.

Pada senja hari, apabila cuaca cerah, wisatawan dapat melihat dengan jelas matahari yang terbenam, dengan panorama bukit dan kampung-kampung pinggiran.

Gejolak Indo-Pasifik akan Dibahas di Kongres Pemuda Asia Afrika 2021

Selain melalui Bukit Tungkuwiri, spot terbaik untuk melihat sunset dari Danau Sentani ialah di bagian sisi timur, wisatawan dapat mengunjungi sebuah Kafe outdoor bernama "Sentani Lake Sunset".

Di sini (Sentani Lake Sunset), wisatawan dapat memesan menu makanan khas, sambil menunggu matahari terbenam di pinggiran Danau Sentani.

Banyak spot-spot foto menarik, yang dapat dijelajah selama berada di Sentani Lake Sunset, sehingga wisatawan dapat langsung mengabadikan indahnya matahari terbenam.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved