Breaking News:

Virus Corona Omicron

Ini Arahan Presiden Jokowi Soal Kasus Corona Omicron Pertama di Indonesia

Presiden Joko Widodo angkat bicara soal kasus virus corona varian B.1.1.529 atau Omicron pertama di Indonesia, Kamis (16/12/2021).

Editor: Roy Ratumakin
Foto tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara soal kasus virus corona varian B.1.1.529 atau Omicron pertama di Indonesia, Kamis (16/12/2021).

Sebelumnya, masuknya kasus Omicron pertama diumumkan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin pada Kamis pagi.

Kasus pertama Omicron ini bermula dari terdeteksinya tiga orang petugas kebersihan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Jakarta.

Baca juga: 7 Hal Perlu Anda Ketahui soal Virus Omicron yang Terdeteksi di Indonesia

"Ada tiga orang pekerja kebersihan di Wisma Atlet yang pada 8 Desember lalu dites dan hasilnya positif (Covid-19). Kemudian, pada 10 Desember dikirim ke Balitbangkes untuk dilakukan genome sequencing," ujar Budi dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (16/12/2021).

"Hasilnya keluar pada 15 Desember, yakni dari tiga orang yang positif tadi, satu orang dipastikan terdeteksi (terpapar) varian Omicron," lanjutnya.

Sementara itu, dua orang lain yang positif dipastikan tidak terpapar varian dari Afrika Selatan itu.

Ketiga orang itu dilaporkan positif tanpa gejala. Ketiganya pun telah menjalani karantina di Wisma Atlet. Oleh pemerintah, ketiga pasien tersebut disebut telah menjalani tes PCR kedua dan hasilnya sudah negatif Covid-19.

Jokowi pun memberikan sejumlah arahan menanggapi situasi ini. Setidaknya, ada empat poin utama yang Presiden sampaikan, yakni:

  1. Meminta masyarakat tidak panik;
  2. Mendorong semua pihak segera vaksinasi;
  3. Mewanti-wanti masyarakat memperkatat disiplin protokol kesehatan;
  4. Melarang pejabat dan warga sementara bepergian keluar negeri.

Baca juga: WHO Klaim Varian Omicron Menyebar Sangat Cepat dan Bisa Membuat Kewalahan

Arahan lengkap

Berikut arahan lengkap Jokowi menyikapi masuknya varian Omicron sebagaimana tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (16/12/2021) sore.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved