Breaking News:

Natal & Tahun Baru

Malam Kunci Tahun 2021 di Kota Jayapura Dipastikan Sepi, Tidak Ada Pesta Kembang Api

uasana malam pergantian tahun di Kota Jayapura dipastikan sepi, sebab tidak adanya perayaan pesta kembang api yang digelar di pusat kota.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Rowald Youwe for Tribun-Papua.com
JAYAPURA TERKINI - Suasana Kursi Panjang (Kupang) Dok II Jayapura, tepatnya di depan Kantor Gubernur Papua yang biasanya menjadi salah satu lokasi pesta kembang api, Jumat (31/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Suasana malam pergantian tahun di Kota Jayapura dipastikan sepi, sebab tidak adanya perayaan pesta kembang api yang digelar di pusat kota, maupun di ikon Jembatan Youtefa.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano kepada Tribun-Papua.com, Jumat (31/12/2021).

"Iya saya tegaskan kembalu lagi memang sesuai hasil pertemuan forkopimda, untuk nanti malam saat pergantian tahun tidak digelar perayaan besar-besaran maupun pesta kembang api," jelasnya.

Baca juga: Pesta Kembang Api Dapat Pengaruhi Kesehatan Mental

Benhur juga memastikan, saat malam pergantian tahun 31 Desember 2021 ini, tidak adanya aktivitas pesta pora dengan kumpul massa, karena pihaknya masih terus menekan laju penyebaran Covid-19.

"Walaupun kita saat ini sudah bersih dan masuk dalam zero Covid-19, tetapi varian baru Covid-19 yakni varian Omicron ini menjadi perhatian, sehingga jangan sampai kita kecolongan," katanya.

Suasana pesta kembang api saat penutupan Peparnas XVI Papua di Stadion Mandala Jayapura, Sabtu (13/11/2021).
Suasana pesta kembang api saat penutupan Peparnas XVI Papua di Stadion Mandala Jayapura, Sabtu (13/11/2021). (Istimewa)

Acara countdown menuju tahun baru 2022 juga nampaknya, tidak digelar secara besar-besaran yang melibatkan orang banyak.

Meski demikian, warga Kota Jayapura masih diperbolehkan merayakan malam pergantian tahun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat, dan yang menjadi catatan ialah tidak diizinkan berkerumun.

Baca juga: Pesta Kembang Api Ditiadakan, Penjual Mercon di Abepura Meradang

"Sepanjang tahun 2021 ini, telah banyak air mata dan kesedihan akibat pandemi Covid-19, kita coba renungkan, jadi mari kita sikapi dengan kembali mengucap syukur karena kita yang ada, masih boleh dikasi kesehatan," terangnya.

Pihaknya, juga bersama Satpol PP dan Satgas Covid-19 melakukan pengawasan di ruang-ruang publik saat malam tahun baru nanti, demi memastikan masyarakat benar-benar menjalankan imbauan tersebut.

Baca juga: Status Kota Jayapura Level 2, BTM : Pesta Kembang Api Tahun Baru Ditiadakan

Sekadar diketahui, ibu kota Provinsi Papua itu merupakan salah satu kota di Papua, dengan pesta kembang api yang dikenal meriah saat malam kunci tahun.

Biasanya tepat pukul 24.00 WIT, masyarakat sudah berkumpul di beberapa titik, yakni Kawasan Kursi Panjang (Kupang) Dok II, Jembatan Youtefa, Taman Imbi, dan Lingkaran Abepura, untuk menyalakan kembang api secara serentak. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved