Subsidi Minyak Goreng Papua

Kebijakan Minyak Goreng Rp 14 Ribu Belum Optimal se-Indonesia

Hingga kini, janji Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi perihal minyak goreng Rp 14 ribu membanjiri pasar belum terpenuhi

istimewa
EKONOMI - Hypermart Tanah Hitam Abepura mengimbau warga agar stop panic buying terhadap produk minyak goreng, Jumat (21/1/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Kebijakan minyak goreng Rp 14 ribu per liter belum optimal penerapannya di seluruh Indonesia.

Stok atau persediaan minyak goreng merupakan satu hal yang menjadi tuntutan.

Padahal, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi pekan lalu berjanji  bahwa minyak goreng subsidi pemerintah itu akan membanjiri pasar.

Baca juga: Kebijakan Minyak Goreng Rp 14 Ribu Belum Merata, Inkopas Surati Kemendag

Hingga kini, janji tersebut belum terpenuhi.

Di beberapa daerah, minyak goreng murah sangat sulit didapatkan, bahkan miyak goreng dengan harga mahal pun ikut-ikutan langka.

Persediaan minyak goreng murah yang ada di ritel modern paling hanya bertahan beberapa saat, setelah diserbu konsumen kembali habis.

Menurut Kepala Adm Pusat Borma Group, Yudi Hartanto, kalau dirunut ke semua stok per kemarin, data di Aprindo Jawa Barat, ada sekitar 780 ribu liter.

Baca juga: HET Minyak Goreng Ditetapkan, IKAPPI Angkat Bicara

"Nah kebutuhan masyarakat sementara ini dari pasar tradisional, pasar rakyat, pedagang tradisional, ini kan semua konsumennya, kelihatannya beralih ke ritel modern untuk memperoleh minyak goreng ini," ujar Yudi saat dihubungi, Kamis (10/2/2022).

Yudi mengungkapkan, hal itu menyebabkan berapa pun minyak goreng yang dipajang akan habis dalam waktu satu hingga dua jam saja.

"Untuk minimarket, mereka kan pengiriman dijatah, dari distribution center, itu menyebabkan keterlambatan. Tapi kalau stok dengan 780 ribu ini ya harusnya cukup untuk beberapa hari ke depan," kata Yudi.

Baca juga: Mendag Minta Produsen Percepat Penyaluran Minyak Goreng

Halaman
1234
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved