Hukum & Kriminal

Guna Ciptakan Situasi Kondusif, Polda Papua Kirim 2 Pleton Brimob ke Yahukimo

Sebanyak 50 personil Brigade Mobile (Brimob) Polda Papua tiba di Bandara Nop Goliat Dekai, Kabupaten Yahukimo.

Istimewa
Suasana Personel Brimob saat tiba di Yahukimo Papua 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Sebanyak 50 personil Brigade Mobile (Brimob) Polda Papua tiba di Bandara Nop Goliat Dekai, Kabupaten Yahukimo.

Diketahui, Pasukan ini didatangkan untuk membantu pemulihan situasi keamanan di Kabupaten Yahukimo Pasca kerusuhan yang terjadi pada Selasa, 15 Maret 2022.

Baca juga: Lurah di Merauke Apresiasi Pemda dan PT ACP/APM Salurkan Minyak Goreng Murah 

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan pasukan Brimob tiba sekitar pukul 09.50 WIT dengan menggunakan pesawat Wings Air tipe ATR. Pasukan ini akan membantu Polres Yahukimo.

“Mereka akan ditempatkan di titik-titik rawan kejahatan selain itu mereka akan membackup Polres Yahukimo untuk melakukan Patroli di seputaran Kota Dekai” kata Kabid Humas, dalam keterengan tertulis yang diterima Tribun-Papua.com Rabu (16/3/2022) sore.

Baca juga: VIRAL Spanduk Dukungan Luhut Pandjaitan Calon Presiden 2026, Begini Kata Jubir

Kamal mengatakan, Kapolda Papua telah memerintahkan kepada para pejabat utama Polda untuk berangkat ke Yahukimo guna mengambil langkah-langkah Kepolisian serta memastikan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dilakukan sudah benar atau belum.

“Karo Ops, Dir Intel dan Kabid Propam saat ini telah tiba di Yahukimo dan akan membantu Kapolres serta melakukan langkah-langkah kepolisian untuk memastikan SOP yang dilakukan personil di lapangan,"ujarnya.

Baca juga: Diduga Curi Sepeda Karyawan Freeport, Polisi Tangkap Tiga Anak

Kamal menyebut keributan tersebut terjadi saat Demo Damai penolakan Daerah Otonomi Baru (DOB) yang dilakukan oleh massa kurang lebih 1000 orang.

Dimana dari Demo tersebut berujung dua orang meninggal dunia, 2 orang luka dan 1 orang personil Polres yahukimo mengalami luka terkena lemparan batu.

Baca juga: Hujan Gol di Penghujung Laga, Persipura Tuai 3 Poin Krusial dari Bhayangkara FC

“Alhamdulilah, situasi sampai saat ini relatif aman dan kondusif, personil gabungan melakukan pengamanan di lokasi,"katanya.

Dia mengimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Yahukimo untuk tetap tenang, jangan mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk memanfaatkan situasi guna mengganggu stabilitas keamanan di Kabupaten Yahukimo. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved