Breaking News:

Papua Terkini

Polisi Tetapkan Seorang Tersangka Kerusuhan di Yahukimo Papua

Satu tersangka tersebut, merupakan hasil pemeriksaan dari tiga orang yang ditangkap sebelumnya, sesaat kerusuhan terjadi.

Tribun-Papua.com/Istimewa
Aksi perusakan dan pembakaran dalam demo tolak DOB di Dekai, Yahukimo, Papua, Selasa (16/3/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan pihaknya baru menetapkan satu orang tersangka dalam aksi demonstrasi yang berujung pembakaran sejumlah rumah kios (ruko) di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo pada Selasa (15/3/2022). 

Satu tersangka tersebut, merupakan hasil pemeriksaan dari tiga orang yang ditangkap sebelumnya, sesaat kerusuhan terjadi.

Ketiganya ditangkap tim gabungan Polres Yahukimo dan Dit Reskrimum Polda Papua serta Satgas Damai Cartenz.

Baca juga: Polisi Periksa Dugaan Keterlibatan KNPB dalam Kerusuhan Aksi Massa di Yahukimo Papua

“Kemarin penyidik gabungan telah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa orang saksi, melakukan olah TKP. Selain itu, tim juga telah mengamankan barang bukti di beberapa tempat kejadian,” kata Kamal dlam rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com, Kamis (17/3/2022).

Kombes Kamal menyebut, tersangka berinisial L, ikut terlibat dalam kerusuhan yang diawali aksi massa penolakan Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua di Yahukimo.

Kini, penyidik gabungan masih melakukan pendalaman terhadap para saksi baik dari masyarakat maupun anggota polisi yang pada saat itu ada di lapangan.

“Pendalaman terhadap para saksi dan tersangka dilakukan untuk memastikan apakah ada tersangka lainnya yang terlibat” jelasnya.

Baca juga: Dua Demonstran Tewas di Yahukimo, Kapolda Papua: Ada Provokasi Massa hingga Lakukan Pembakaran

Sekadar diketahui, kericuhan yang terjadi di Yahukimo bermula ketika ribuan massa melakukan unjuk rasa menolak pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB).

Ketika polisi mencoba menangani massa yang melakukan aksi pembakaran, terjadi bentrok sehingga dua warga meninggal akibat tertembak, dan tiga orang luka-luka termasuk satu anggota polisi. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved