Info Mimika

Stasiun Pemancar Televisi Digital Dibangun di Timika, Didik Kusjatmika : Pertama dan Terlengkap

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui TVRI membangun stasiun pemancar penyiaran televisi digital

Penulis: Marselinus Labu Lela | Editor: Musa Abubar
Tribun-Papua.com/Marselinus Labu Lela
Suasana Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, saat meletakan batu pertama pembangunan stasiun pemancar penyiaran televisi digital, di Jalan Mayon, Senin (25/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Marselinus Labu Lela

TRIBUN-PAPUA.COM, TIMIKA- Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui Televisi Republik Indonesia (TVRI) membangun stasiun pemancar penyiaran televisi digital di wilayah Kabupaten Mimika.

Pembangunan dilakukan di area Mayon tepatnya di Jalan Trans Nabire ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

Baca juga: Ingat Kabinda Papua Brigjen I Gusti Putu Danny? KKB Penembak Almarhum Tewas: Ini Sosok Pelaku

Eltinus Omaleng mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia khususnya Direktur Penyelenggaraan Pos dan Informatika karena telah memilih Mimika sebagai salah satu daerah dibangunnya stasiun pemancar digital TVRI di Provinsi Papua.

Baca juga: NPCI Dukung Rencana Pemerintah Papua Wujudkan Provinsi Olahraga

Sumber pembangunan stasiun pemancar TVRI menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) tahun 2022.

"Jadi pembangunan stasiun pemancar ini berdasarkan nota kesepahaman antara Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia dengan Pemkab Mimika tentang pinjam pakai lahan Nomor 1/MOU/15/TVRI/2021,"kata Bupati Eltinus kepada Tribun-Papua.com, Selasa (26/4/2022).

Baca juga: Distrik Nimboran Jadi Pilot Project, Bupati Jayapura: Sebagai Pusat Data dan Informasi

"Selanjutnya Nomor: 180/775 yang ditandatangani oleh Direktur Umum TVRI dan Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Michael Gomar,"ujarnya.

Ia mengatakan, dengan adanya pembangunan tersebut diharapkan dapat memberikan pelayanan informasi, dalam hal pendidikan, hiburan serta budaya.

Baca juga: Alasan Borneo FC Lepas Boaz Solossa Terungkap, Ponaryo Astaman Buka Suara

"Adanya stasiun penyiaran ini diharapkan menjadi mitra Pemkab Mimika dalam hal sosialisasi program pembangunan,"katanya.

Menurutnya, tanah yang dipinjam kepada TVRI seluas 50×50 meter persegi. Dimana tanah ini sebelumnya direncanakan untuk Taman Makam Pahlawan.

Baca juga: 82 Persen Rakyat Papua Minta Pemekaran, Eks Gubernur DKI Jakarta Sebut Pro dan Kontra DOB Hal Biasa

"Pembangunan stasiun ini diharapkan selesai pada Agustus atau September 2022 mendatang. Sehingga pada Oktober bisa dioperasikan,"ujarnya.

Sementara itu, Indra Siswoyo mewakili Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Koordinator Infrastruktur Penyiaran Pita Lebar menyebutkan tahun 2022 Kemenkominfo akan membangun infrastruktur pemancar TV Digital di 15 lokasi.

Baca juga: Tragis! Samsul Sattu Ditembak KKB Saat Sedang Minum Kopi Bersama Rekannya

"Lima di antaranya adalah lokasi baru dan sebelumnya tidak ada satuan transmisi TVRI,"katanya.

Maka dari itu, kata dia, akan dibangun satuan transmisi baru termasuk Nabire dan Mimika.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved