KKB Papua

Pembunuh Sertu Eka Hasugian dan Istri di Yalimo Ditangkap, TNI: Pelakunya Anggota KKB Papua

Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Kav Herman Taryaman menyebut, WT merupakan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Tribun-Papua.com/Istimewa
Polisi tengah menyelidiki ciri-ciri orang tak dikenal (OTK) yang membunuh pasangan suami istri secara sadis di Distrik Elelim, Kabupaten Yalimo, Papua, Kamis (31/3/2022) pagi. Sertu Eka Andrianto Hasugian (28) Babinsa Koramil 1702-07/Kurulu, serta istrinya Sri Lestari Indah Putri (33) dibunuh OTK. Polres Yalimo tengah memintai keterangan sejumlah saksi atas pembunuhan sadis Sertu Eka Andrianto Hasugian (28), Babinsa Koramil 1702-07/Kurulu serta istrinya Sri Lestari Indah Putri (33) di kios miliknya di Yalimo, Papua, Kamis (31/3/2022) pagi. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Kasus pembunuhan sadis Sertu Eka Andrianto Hasugian, anggota Babinsa Koramil 1702-Kurulu dan istrinya Sri Lestari Putri, akhirnya terungkap.

Terduga pelaku inisial WT ditangkap di Kampung Dugume Distrik Dugume, Kabupaten Lanny Jaya, Sabtu (30/4/2022), pukul 07.40 WIT.

Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Kav Herman Taryaman menyebut, WT merupakan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Baca juga: Pembunuh Sertu Eka Andrianto Hasugian dan Istrinya Ditangkap, Kapendam: WT Dilumpuhkan!

"Tim Gabungan TNI-Polri berhasil menangkap OTK pelaku pembunuhan yang merupakan KKB dengan inisial WT yang juga sebagai DPO Polri," kata Letkol Herman dalam rilis yang diterima Tribun-Papua.com, Sabtu (30/4/2022).

WT dihadiahi timah panas oleh aparat, lantaran berusaha kabur saat ditangkap.

"Saat akan ditangkap, WT tiba-tiba melarikan diri menuju ke arah jurang. Sehingga aparat keamanan dari Tim Gabungan memberikan tembakan peringatan, karena tidak diindahkan maka ditembak untuk dilumpuhkan," katanya.

Kini, WT berada di RSUD Wamena untuk mendapatkan pertolongan medis, sebelum menjalani pemeriksaan polisi.

Diberitakan sebelumnya, Sertu Eka Andrianto Hasugian (28) dan istrinya, Sri Lestari Indah Putri (33) yang merupakan tenaga kesehatan (nakes) menjadi korban pembunuhan yang dilakukan oleh orang tidak dikenal (OTK) di Distrik Elelim, Kabupaten Yalimo, Papua pada 31 Maret 2022.

Peristiwa sadis tersebut terjadi di kediaman korban yang berada di Jalan Trans Elelim.

"Kejadian pembunuhan yang dilakukan oleh OTK terjadi pada Kamis pukul 06.15 WIT di kios milik almarhum," ujar Wakapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan melalui keterangan tertulis, Kamis.

Aparat gabungan menemukan jenazah Sertu Eka Andrianto Hasugian tergeletak dengan kondisi luka tembak di bagian bawah ketiak kanan, tembus bagian kanan.

Sedangkan Sri Lestari mengalami luka bacok.

Baca juga: Jenderal Dudung Bakal Masukkan Adik Sertu Eka Korban Pembunuhan OTK Papua ke Akmil Magelang

Sertu Eka merupakan Babinsa Koramil 17/2-07/Kurulu, sedangkan istrinya bertugas di Puskesmas Elelim.

Aksi yang dilakukan para pelaku cukup sadis karena tidak hanya membunuh pasangan tersebut, OTK juga melukai anak dari kedua korban yang masih balita.

"Anak balita yang merupakan anak dari kedua almarhum juga menjadi korban jari tangannya dipotong," kata dia. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved