Idulfitri 2022

Semarak Malam Takbiran di Fakfak Papua Barat, Umat Muslim dari 24 Masjid Ikuti Pawai Obor

enyongsong Idulfitri 1443 hijriah, umat Muslim dari berbagai masjid yang ada di Kabupaten Fakfak, Papua Barat mengikuti pawai obor

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Musa Abubar
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
LEBARAN DI PAPUA - Potret pawai obor sambut 1 Syawal 1443 hijriah, di Kabupaten Fakfak Papua Barat, Minggu malam (1/5/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, FAKFAK- Menyongsong Idulfitri 1443 hijriah, umat Muslim dari berbagai masjid yang ada di Kabupaten Fakfak, Papua Barat mengikuti pawai obor memeriahkan malam takbiran.

Pantauan Tribun-Papua.com, Minggu malam (1/5/2022), kegiatan pawai obor tersebut dimulai sekira pukul 20.00 WIT yang diikuti oleh 24 masjid di seputaran Kota Fakfak.

Baca juga: Aparat Gabungan TNI-Polri Jaga Ketat Pawai Mobil Hias Malam Takbiran di Timika

Ketua Forum Komunikasi Remaja Masjid (FKRM) Kabupaten Fakfak, Zahrudin Tanarubun mengatakan, pawai obor sambut 1 Syawal 1443 hijriah tersebut dipusatkan pada 3 titik kumpul, yakni Distrik Fakfak Tengah, Fakfak, dan Distrik Pariwari.

"Iya jadi ada tiga titik kumpul yang kita bagi agar tidak terlalu padat karena masih dalam situasi Covid-19, titik yang pertama ada di depan SD YPPK Sorpeha Fakfak Tengah, Masjid Al Munawarah Distrik Fakfak, dan Masjid Al Hilal Distrik Pariwari,"kata Zahrudin Tanarubun kepada Tribun-Papua.com.

Baca juga: Faktor Cuaca Mendung, Hilal 1 Syawal Tidak Teramati di Jayapura Papua

Zahrudin menjelaskan dalam gelaran pawai obor tersebut, peserta dari 3 titik berjalan membawa obor sambil melantunkan takbir bersama-sama menyusuri jalan utama di Kabupaten Fakfak, hingga finish atau selesai di Jalan Reklamasi Alun-alun Kota Fakfak.

Dia mengatakan, Pawai obor yang digelar masih dalam keadaan terbatas, dilakukan sebagai bentuk rasa syukur umat muslim di Fakfak menuju hari kemenangan.

Baca juga: Kahar Yalipele : Ada Potensi Jamaah Membludak Lakukan Salat Idulfitri di Masjid Raya Baiturrahim

"Kita telah berpuasa sebulan penuh dan mudah-mudahan selalu dalam lindungan Allah SWT,"ujarnya.

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, kata dia, pawai kendaraan hias saat malam takbiran masih belum diizinkan untuk dilakukan di Kabupaten Fakfak, lantaran pandemi Covid-19.

Baca juga: Diguyur Hujan, Gema Takbir Tetap Berkumandang di Merauke Papua

Namun begitu, ia mengharapkan agar nuansa dan makna malam takbiran menyambut Idulfitri 1 Syawal 1443 hijriah tetap dapat dirasakan dengan penuh khidmat dan kebahagiaan oleh umat muslim di daerah berjuluk kota pala itu.

Baca juga: KKB Serang Aparat yang Amankan Gereja di Pegunungan Bintang, 1 TNI dan 1 Polisi Tertembak

Sekadar diketahui, Kabupaten Fakfak di Provinsi Papua Barat merupakan salah satu daerah dengan jumlah penduduk muslim terbesar, dengan presentase sebesar 60,63 persen dan setengahnya adalah penduduk pribumi asli Papua.

Toleransi antar umat beragama sangat kental di daerah ini, dengan adanya semboyan yang mengakar sejak dulu, yakni Satu Tungku Tiga Batu, serta keberagaman juga dapat dilihat dari satu marga namun berbeda agama.(*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved