KKB Papua

Egianus Kogoya Dalang Penembakan Pesawat SAM Air di Nduga Papua

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali menebar ancaman melalui aksi penembakan terhadap pesawat komersil milik SAM Air

Penulis: Raymond Latumahina | Editor: Roy Ratumakin
Humas Polda Papua
Kondisi pesawat SAM Air yang ditembak KKB pimpinan Egianus Kogoya di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Selasa (7/6/2022). 

Laporan wartawan Tribun-Papua.com, Raymond Latumahina

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali menebar ancaman melalui aksi penembakan terhadap pesawat komersil milik SAM Air.

Pesawat dengan nomor registrasi PK-SMG tersebut ditembak saat sedang parkir di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Selasa (7/6/2022), sekitar pukul 10.50 WIT.

KKB pimpinan Egianus Kogoya dituding menjadi dalang dari insiden penembakan ini.

Baca juga: Ganggu Penerbangan Sipil, Apa yang Diiginkan KKB? Sebby Sambom Pernah Berkata Ini!

“Informasi yang kita dapat sementara dari kelompoknya Egianus Kogoya,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ahmad Musthofa Kamal, Selasa (7/6/2022).

Kamal melanjutkan, saat ini pihak kepolisian masih mendalami latar belakang peristiwa penembakan pesawat ini.

 

 

“Kenapa kok menjadikan sasaran pesawat komersial? Kalau mungkin TNI-Polri sudah biasa, kan, karena mungkin mereka terganggu dengan keberadaan TNI-Polri di Nduga,” imbuhnya.

“Namun, dengan masyarakat yang notabene mendorong kebutuhan aktivitas masyarakat di sana ini tentu juga sangat kita sayangkan,” sambungnya.

Baca juga: Diberondong 15 Tembakan, Pesawat SAM Air Alami Kerusakan: Pilot dan Co-Pilot Selamat!

Akibat insiden penembakan ini, pesawat milik SAM Air mengalami kerusakan di bagian roda depan, tanki avtur, dan beberapa titik di badan pesawat.

Sementara itu, terkait kondisi pilot dan co-pilot sendiri, Kamal mengatakan, keduanya telah dievakuasi aparat keamanan dan akan diterbangkan ke Jayapura.

“Hari ini direncanakan pilot dan co-pilot akan dievakuasi dari Nduga sekitar pukul 15.30 WIT menuju Jayapura menggunakan pesawat twin-otter SAM Air,” tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved