Pemekaran Papua

Pemuda Adat Wilayah Saireri II Nabire di Jayapura Dukung DOB, Ajak Setia Pada NKRI

Pemuda Adat Wilayah Saireri II Nabire, menyampaikan sikap mereka atas dukungan terhadap pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB).

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
Pemuda Adat Wilayah Saireri II Nabire, saat mengeluarkan pernyataan sikap mendukung penuh DOB Papua, di Distrik Abepura Kota Jayapura beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Sekelompok orang yang yang tergabung dalam Pemuda Adat Wilayah Saireri II Nabire, menyampaikan sikap mereka atas dukungan terhadap pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB).

Selain itu, mereka juga mengajak masyarakat Papua agar setia dengan NKRI, dan jangan terprovokasi isu miring soal DOB yang terus digencarkan oleh organisasi yang berseberangan dengan ideologi negara.

Hal itu disampaikan Ketua Pemuda Adat Wilayah Saireri II Nabire di Kota Jayapura Papua Ali Kabiay, kepada Tribun-Papua.com Kamis (16/6/2022).

Baca juga: Dukung DOB, Bupati Intan Jaya Usulkan Nabire Jadi Ibu Kota Provinsi Papua Tengah

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar jangan sampai terprovokasi dengan informasi hoaks soal DOB dan harus tetap paham situasi bahwa saat ini kita berada dalam bingkai NKRI," jelasnya.

Ali menjelaskan, carut marut DOB harus disikapi bijak dan tidak boleh melakukan aksi-aksi penolakan yang bertentangan dengan negara.

 

 

"Bagi yang mau mendukung silahkan, yang mau menolak juga silahkan, hanya saja mari disampaikan alasannya, agar semua dapat diakomodir," tandasnya.

Beberapa kesempatan yang lalu, pihaknya bahkan sampau mengeluarkan pernyataan sikap.

Saat itu, terdapat 3 poin utama yang disampaikan pihaknya dengan melihat berbagai dinamika yang terjadi di Tanah Papua.

Baca juga: Soal DOB Papua, Bupati Keerom Papua, Piter Gusbager: Kesejahteraan Rakyat yang Utama

Terutama dalam urgensinya mengenai percepatan pembangunan kesejahteraan masyarakat Papua dan Papua Barat, sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020, serta persiapan DOB di Provinsi Papua.

Untuk itu pihaknya sangat merasa perlu untuk membuat suatu pernyataan sikap agar dapat menjadi perhatian.

"Poin pertama, kami Pemuda Adat Wilayah Saireri II Nabire mendukung sepenuhnya konsolidasi asosiasi bupati di wilayah adat Tabi dan Saireri, siap menyongsong pembentukan DOB Papua," sebut Ali membacakan pernyataan resmi.

Baca juga: DOB Papua Masuk DIM di DPR RI, Steve Mara: Tidak Ada Waktu Bicara Pro Kontra Lagi

Kedua, pihaknya mendukung sepenuhnya akselerasi percepatan pembangunan di Papua, melalui implementasi Undang-undang Otsus Nomor 2 Tahun 2021, untuk kesejahteraan masyarakat asli Papua.

Selanjutnya, yang menjadi poin ketiga ialah Pemuda Adat Saireri Wilayah II Nabire mendukung sepenuhnya proses rancangan pembentukan DOB di Tanah Papua, demi terciptanya kesejahteraan bagi Orang Asli Papua (OAP).

Hingga saat ini, rencana pembentukan DOB Papua masih terus diperdebatkan oleh berbagai pihak, hingga masyarakat juga terus menyuarakan aspirasinya, dengan bersikap menolak dan juga menerima. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved