Papua Terkini

GEMPA 3,5 Magnitude Guncang Nabire Papua, Tidak Ada Korban Jiwa!

pusat gempa terjadi pada koordinat 3.63° LS dan 135.70° BT atau lebih tepatnya di darat jarak 15 Km dari arah barat daya Nabire dengan kedalaman 10 Km

Penulis: Raymond Latumahina | Editor: Roy Ratumakin
Kolase Tribun-Papua.com
Gempa bumi terjadi di Kabupaten Nabire, Papua, Minggu (26/6/2022), pukul 14:43 WIT, tidak ada korban dalam peristiwa ini. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Raymond Latumahina

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Gempa bumi terjadi di Kabupaten Nabire, Papua, Minggu (26/6/2022), pukul 14:43 WIT, tidak ada korban dalam peristiwa ini.

Kepala BMKG wilayah V Jayapura, Hendro Nugroho mengatakan, gempa ini berkuatan 3,5 Magnitude.

Sedangkan pusat gempa terjadi pada koordinat 3.63° LS dan 135.70° BT atau lebih tepatnya di darat jarak 15 Km dari arah barat daya Nabire dengan kedalaman 10 Km.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Jayapura Papua: Cek Sumber Getaran

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal,” kata Hendro Nugroho berdasarkan keterangan pers yang diterima Tribun-Papua.com, Minggu (26/6/2022).

Selain itu, Hendro menyebut, dampak gempa ini dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

 

 

“Hasil pemodelan menunjukkan, gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Sementara itu, hingga pukul 15.30 WIT tadi, hasil monitoring BMKG menunjukan belum adanya aktivias gempa susulan atau aftershock.

Kendati demikian, Hendro meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap selalu tenang dan tidak terpengaruh isu miring, serta menghindari bangunan retak atau rusak akibat gempa.

Baca juga: BBMKG Jayapura : Gempa Berkekuatan 3,9 Magnitudo Guncang Kabupaten Nduga Papua

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa. Atau pun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali kedalam rumah,” tandasnya.

Sebelumnya, Kabupaten Nabire, Papua, pernah terjadi gempa dahsyat dengan kekuatan 7,2 SR berdasarkan data Badan Geologi Amerika Serikat.

Akibatnya, 32 orang dilaporkan meninggal dunia dan kurang dari 213 orang mengalami luka-luka atas peristiwa gempa yang terjadi pada 26 November 2004 silam. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved