Nasional

Geser Luhut, Jokowi Perintah Anak Papua Bawa Perusahaan Perakit iPhone Masuk Indonesia

Bahkan anak Papua ini geser Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves).

Tribun-Papua.com/Istimewa
Presiden Joko Widodo saat dipakaian mahkota burung Cenderawasih khas Papua. Diketahui, Presiden Jokowi perintah anak Papua bawa perusahaan perakit iPhone masuk Indonesia. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Presiden Jokowi perintah anak Papua bawa perusahaan perakit iPhone masuk Indonesia.

Hal ini menyusul kunjungan Young Liu, petinggi perusahaan eletronik asal Taiwan, Foxconn, di Istana Bogor, Sabtu (25/6/2022) lalu.

Bahkan anak Papua ini geser Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves).

Anak Papua yang dimaksud tak lain adalah Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi/Kepala BKPM.

Baca juga: Geser Prabowo Subianto, Papa Online Didukung Ulama Jadi Penerus Jokowi, Ini Sosoknya

Bahlil diperintah Jokowi mengawal rencana investasi Foxconn di Indonesia sampai terwujud dan benar-benar berjalan.

Pasalnya, dalam pertemuan Young Liu dan Presiden Jokowi membahas kelanjutan rencana investasi Foxconn di sektor kendaraan listrik di Indonesia, yang konon bernilai 8 miliar dolar AS (sekitar Rp 118 triliun).

Pertemuan ini juga menjadi tindak lanjut Nota Kesepahaman (MoU) terkait investasi Foxconn di Tanah Air, yang telah disepakati dengan dua perusahaan asal Taiwan, yaitu Foxconn dan Gogoro, serta dua perusahaan asal Indonesia, yaitu PT Industri Baterai Indonesia (IBC) dan PT Indika Energy Tbk (INDY), pada 21 Januari 2022 lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Bahlil mengatakan bahwa Jokowi mengapresiasi rencana investasi Foxconn yang akan berkolaborasi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan swasta nasional.

Baca juga: Penuh Tekad, Anak Papua Asal SDN Cenderawasih Spadem Merauke Bercita-cita Jadi TNI, Ini Sosoknya

Selain itu, Jokowi juga turut mengapresiasi bahwa investasi ini bakal melibatkan pengusaha lokal dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta diprediksi bakal menyerap sekitar 10.000 tenaga kerja.

"Bapak Presiden berharap ini segera terealisasi, dan satu konsep yg paling disenangi presiden ini adalah kolaborasi BUMN, PMA, dan swasta nasional yg melibatkan pengusaha lokal dan UMKM,” tutur Bahlil, dikutip KompasTekno dari Kontan.co.id, Rabu (29/6/2022).

Bahlil melanjutkan bahwa rencana investasi Foxconn ini nantinya bakal diarahkan atau berlokasi di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah.

Baca juga: Geser Prabowo dan Anies, Ini Sosok Penerus Jokowi, Sayangnya Dijegal Partai Sendiri

Seperti diketahui, wilayah ini menjadi salah satu lokasi pembangunan ekosistem industri baterai dan kendaraan listrik di Indonesia, dengan dua perusahaan asal Korea Selatan, Hyundai dan LG, yang sudah lebih dulu berinvestasi di sana.

Bahlil Lahadalia baru saja ditunjuk Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri ESDM ad interim menggantikan Arifin Tasrif yang tengah dirawat karena positif Covid-19.
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Bahlil merupakan lulusan perguruan tinggi di Jayapura yang diangkat Jokowi menjadi menteri. Kini Bahlil ditunjuk Presiden Jokowi rayu Foxconn investasi di Indonesia.

Model bisnis BOL

Kembali lagi ke Foxconn, bos perusahaan tersebut, Young Liu turut memberikan apresiasi terkait dukungan Jokowi dan Bahlil untuk memfasilitasi investasi Foxconn di Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved