Nasional

Sejumlah Ajudan Ferdy Sambo Diperiksa terkait Tewasnya Brigadir J, Komnas HAM: Di Mana Bharada E?

Dari ketujuh ajudan Irjen Ferdy Sambo, Bharada E diketahui belum hadir dalam pemeriksaan di Kantor Komnas HAM. Ada apa?

Tribun-Papua.com/Tribun Network
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik saat jumpa pers di kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/7/2022). Komnas HAM akan memeriksa semua ajudan Irjen Ferdy Sambo, termasuk Bharada E pada Selasa (26/7/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM - Sejumlah aide de camp (ADC) atau ajudan Irjen Ferdy Sambo, mendatani kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) untuk menjalani pemeriksaan, di Jakarta Pusat, Selasa (26/7/2022).

Hanya, Bharada E sendiri belum hadir bersama ajudan lainnya.

Para ajudan Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo diperiksa terkait baku tembak yang menewaskan Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Namun, dari ketujuh ajudan Ferdy Sambo, Bharada E diketahui belum hadir dalam pemeriksaan di Kantor Komnas HAM.

Baca juga: Jenderal Andika Perkasa Bereaksi Keras soal Otopsi Jenazah Brigadir J, Pesan Ini ke Dokter Forensik

"Yang pasti salah satunya di antaranya Bharada E. Ini belum hadir, bukan tidak hadir ya," kata Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik, dikutip Tribunnews.com dari kanal YouTube Kompas TV, Selasa (26/7/2022).

"Mungkin saja sedang ada pemeriksaan lain, kan ada penyidik dari Bareskrim atau karena dalam perlindungan LPSK, saya hanya menduga. Makanya kita tanya secara langsung ke sana," jelas Taufan.

Karena itu, Taufan mengatakan, pihaknya meminta Bharada E untuk hadir di Kantor Komnas HAM.

"Dan kami minta untuk datang pada hari ini (Selasa)," ucapnya.

Diketahui, agenda pemeriksaan ajudan Irjen Ferdy Sambo pada Selasa (26/7/2022) telah disampaikan Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam.

"Besok (Selasa) agendanya dari pagi sampai selesai adalah memanggil untuk meminta keterangan semua ADC dari Irjen Sambo. Semuanya (termasuk Bharada E)," kata Anam di Kantor Komnas HAM RI Jakarta Pusat pada Senin (25/7/2022).

Ia berharap, semua ajudan Sambo dapat hadir dan memenuhi permintaan keterangan tersebut.

DIPERIKSA - Sejumlah ajudan Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo tiba di Kantor Komnas HAM RI Jakarta Pusat pada Selasa (26/7/2022) pukul 09.56 WIB untuk memberikan keterangan terkait insiden tewasnya Brigadir J. (HO/Tribunnews)
DIPERIKSA - Sejumlah ajudan Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo tiba di Kantor Komnas HAM RI Jakarta Pusat pada Selasa (26/7/2022) pukul 09.56 WIB untuk memberikan keterangan terkait insiden tewasnya Brigadir J. (HO/Tribunnews) (Tribun-Papua.com/Tribun Network)

"Kami berharap semuanya bisa datang ke Komnas HAM memenuhi permintaan keterangan tersebut," lanjut Anam.

Berdasarkan undangan yang disampaikan, Tim Humas Komnas HAM RI, permintaan keterangan tersebut akan dilakukan sejak pukul 10.00 WIB.

Sebagaimana diketahui, Komnas HAM sebelumnya mencukupkan permintaan keterangan dari Tim Dokkes Polri yang melakukan autopsi terhadap jenazah Brigadir J pada Senin (25/7/2022).

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved