Klaim Banyak Kader Ingin AHY Jadi Capres, Demokrat Akui Belum Putuskan Usung Putra SBY

Partai Demokrat belum memutuskan untuk mengusung sang Ketua Umum, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menjadi calon presiden di Pilpres 2024.

Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
Komandan Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Istana Merdeka, Kamis (2/5/2019) - Partai Demokrat belum memutuskan untuk mengusung sang Ketua Umum, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menjadi calon presiden di Pilpres 2024. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Partai Demokrat belum memutuskan untuk mengusung sang Ketua Umum, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menjadi calon presiden di Pilpres 2024.

Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan hingga kini Demokrat masih berupaya mendengar aspirasi masyarakat.

Kendati demikian, Herzaky mengklaim banyak kader Demokrat yang ingin AHY menjadi capres di Pilpres 2024.

Baca juga: Jika Nasdem, Demokrat dan PKS Berkoalisi, Pengamat Prediksi Sosok Capres-Cawapres yang Bakal Diusung

Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) sekaligus Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra saat ditemui awak media di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), Kamis (11/11/2021).
Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) sekaligus Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra saat ditemui awak media di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), Kamis (11/11/2021). (Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra)

"Memang banyak aspirasi kader dan konstituen yang minta Mas AHY jadi capres atau ikut kontestasi di 2024," kata Herzaky kepada Kompas.com, Selasa (2/8/2022).

"Tapi, kami sendiri belum membahas mengenai ini. Masih terus kita resapi masukan dan aspirasi para kader dan rakyat," tuturnya.

Herzaky mengungkap, putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu pernah mengatakan bahwa penentuan capres bergantung pada kesepakatan koalisi.

Sebab, butuh 20 persen kursi DPR RI untuk dapat mengusung capres dan cawapres.

Baca juga: AHY Bukan Harga Mati, Demokrat Bakal Usung Capres dan Cawapres Sesuai Kesepakatan Koalisi

Sementara, Demokrat mengantongi 9,36 persen kursi Parlemen. Artinya, partai bintang mercy itu perlu berkoalisi untuk memenuhi ambang batas pencalonan presiden.

"Mas AHY sendiri menyampaikan, pertama, kalau kita tergantung kesepakatan dengan koalisi," ujar Herzaky.

Herzaky mengatakan, AHY juga pernah berkata bahwa sosok yang diusung sebagai capres dan cawapres harus punya kemampuan dan rekam jejak yang baik dalam mewujudkan perubahan dan perbaikan nasib rakyat.

Tak hanya situ, sosok tersebut juga mesti punya peluang besar untuk dipilih oleh rakyat.

"Tentu akan ada metode terukur dalam menentukan ini, termasuk masukan dari berbagai survei," kata Herzaky.

Baca juga: Klaim Tak Pernah Secara Resmi Nyatakan Usung AHY di Pilpres 2024, Demokrat: Itu dari Simpatisan

Capres-Cawapres Dibahas setelah Koalisi Final

Terkait prediksi sejumlah pihak bahwa AHY bakal maju di Pilpres 2024 mendampingi Anies Baswedan yang mencalonkan diri sebagai presiden, Herzaky menyebut, partainya tengah fokus mematangkan rencana koalisi.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved