Info Jayapura

HEBOH, Muncul Telaga Warna-warni di Kampung Warombaim Jayapura

Munculnya mata air ini akibat dalamnya penggalian yang dilakukan, hingga membentuk sebuah kolam atau telaga di antara bukit karang

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
ISTIMEWA
FENOMENA ALAM - Potret Telaga Warna-warni yang proses terbentuknya masih akan diselediki para ahli geologi di Kampung Warombaim, Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura Papua, Minggu (7/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Warga Kabupaten Jayapura dihebohkan dengan penemuan fenomena alam berupa munculnya Telaga Warna-warni di Kampung Warombaim, Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Warga kampung Warombaim dibuat takjub lantaran munculnya mata air di kawasan penggalian material karang di dekat jalan raya di Kampung Warombaim, Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura Papua.

Wisata Papua: 5 Destinasi Wisata Alam di Kota Jayapura yang Bisa Kamu Kunjungi

Dari beberapa sumber menyebutkan, diketahui munculnya mata air ini akibat dalamnya penggalian yang dilakukan, hingga membentuk sebuah kolam atau telaga di antara bukit karang.

Namun informasi terakhir yang diterima Tribun-Papua.com Minggu (7/8/2022), tempat itu untuk saat ini ditutup karena belum mendapatkan ijin pemilik tanah tersebut.

"Kami berkunjung ke lokasi sekira pukul 13.05 WIT pada 6 Agustus 2022 lalu, dan kami menyaksikan sendiri adanya telaga yang berwarna hijau muda," kata Maikel kepada Tribun-Papua.com, yang ikut serta bersama kunjungan Komunitas Pace Kreatif.

Wisata Papua: 5 Destinasi Wisata Alam di Sentani yang Wajib Kamu Kunjungi

Pihaknya menduga kalau perubahan warna pada air, mungkin saja dipengaruhi sedimen batuan kapur dari telaga yang terbentuk dari bekas galian gunung untuk keperluan timbunan.

"Kemudian kami juga melakukan pengukuran dan mendapat hasil ukuran telaga tersebut seluas 15 x 7 meter persegi, yang memang lokasinya persis di pertigaan Genyem Demta," sebutnya.

Untuk sementara, perwakilan dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Papua Marcelino Yonas, saat dihubungi Tribun-Papua.com belum dapat memastikan perihal terbentuknya telaga berwarna tersebut.

Geotagging KKN-PPM UGM: 9 Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi Wisatawan di Biak Numfor

"Kami masih harus memastikan informasi ini di lapangan, dan bersama dengan teman-teman IAGI akan berencana turun survei lokasi dan pengambilan sampel pada pekan depan," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved