Obat Malaria

Dinkes Jayapura Minta Masyarakat Tak Khawatir, Stok Obat Malaria Tersedia di Puskesmas

Masyarakat tak perlu khawatir, obat malaria DHP sudah aman, dan saat ini sedang didrop dari pusat menggunakan kapal dan pesawat

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
OBAT MALARIA AMAN - Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, Dinkes Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Pungut Sunarto meminta masyarakat tak khawatir terkait stok obat malaria, karena sudah tersedia di Faskes milik pemerintah. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) kini menyampaikan stok obat malaria jenis Dihidroartemisinin dan Piperakuin (DHP) dalam posisi aman alias tersedia. 

Dinkes Jayapura Bakal Lakukan Penyemprotan Malaria dan DBD sebelum Kongres Masyarakat Adat 

Kepala bidang pencegahan dan penanggulangan penyakit, Dinkes Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Pungut Sunarto saat dikonformasi Tribun-Papua.com, di Sentani, Kamis (11/8/2022) memastikan obat malaria sudah tersedia di Dinkes Kabupaten Jayapura

"Masyarakat tak perlu khawatir, obat malaria DHP sudah aman, dan saat ini sedang didrop dari pusat menggunakan kapal dan pesawat. Dipastikan sebelum akhir Agustus sudah tiba di Jayapura untuk stok tambahan," jelas Pungut. 

Dinkes Kabupaten Jayapura Jamin Stok Obat Malaria Aman saat KMAN Ke-VI 

Sementara untuk jumlah yang telah ada di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, baru mencapai 5.000 paket obat malaria. 

"Kita harapkan setiap bulan mencapai 20 ribu paket obat. Dan obat ini langsung dari Kementerian Kesehatan," katanya. 

Walaupun dalam posisi aman, menurut Pungut, Dinkes Kabupaten Jayapura belum bisa membantu Klinik swasta yang ada di Bumi Kenambai-Umbai. 

Papua Kekurangan Obat Malaria, dr Beeri Wopari: Faskes Harus Selektif!

Karena obat malaria itu masih difokuskan untuk persediaan di fasilitas Kesehatan milik pemerintah, seperti puskesmas dan rumah sakit. 

Oleh karena itu, Pungut Sunarto berharap, stok yang ada dapat terjaga dengan baik agar tidak menyebabkan penurunan stok obat seperti periode Juli lalu. (*) 

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved